Tips Memilih Foundation / Alas Bedak Yang Tepat

Memilih foundation atau alas bedak bisa menjadi sesuatu yang memusingkan dan juga rumit dengan begitu banyak shade, merk, dan jenis. Apalagi saat kita masuk ke suatu pusat perbelanjaan, dimana gerai makeup berjajar dan membuat kita semakin bingung untuk memilih.

source : google.com


Nah seperti yang kita tahu foundation ada berbagai jenis salah satunya batang dan cair. Begitu pula dengan warna dan merk, ada lebih banyak lagi, jadi semakin bingung ? Nah kalau kalian bingung, kemarin aku baca di salah satu koran lokal (tribun kaltim edisi Kamis 16 Agustus 2018) tentang masalah ini beserta tipsnya. Bersumber dari salah satu makeup artist yaitu Liz Oliver. Yuk simak tips memilih foundation / alas bedak berikut ini.

1. Memilih warna


source : google.com


Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih tiga warna foundation yang paling dekat dengan kulit kita. Lalu cobalah aplikasikan sedikit pada kulit rahang dan leher bagi yang tidak berhijab.
Sedangkan bagi kalian yang berhijab coba samakan warna foundation kalian dengan warna tangan tak perlu sama persis tapi setidaknya senada yaa.

Oia setelah kalian mencoba nya ditangan, leher atau rahang, biarkan dulu beberapa menit agar foundation tersebut teroksidasi.

Tipsnya : " Warna yang paling meresap kekulitmu, berarti itulah yang paling tepat," ujar Liz Oliver.

2. Bahan Dasar Alas Bedak


Bahan dasar foundation ada beberapa jenis air,minyak, dan mineral. Perbedaan bahan dasar ini tentu memberi dampak berbeda-beda pada setiap kulit karena tergantung jenis tipe kulit kita juga.

Jika kulit kamu adalah oily disarankan untuk menggunakan foundation berbasis air dan bebas minyak.

Jika kulit kamu kering bisa menggunakan foundation berbasis minyak.

Dan jika kulit kamu kombinasi kamu bisa menggunakan beberapa foundation yang sudah tertulis ditujukan untuk jenis kulit apa misalnya normal to oily or normal to dry.

3. Kenali undertone kulit kamu ya


source : http://beautynesia.id/2420


Pernah ga kamu mengalami ketika berkeringat parah dan foundation luntur, langsung deh muka kamu terlihat "bolong bolong" ? Pernah ? Jika iya berarti kamu belum sepenuhnya mengenali undertone kamu hingga belum bisa mendapatkan shade foundation yang cocok dengan warna kulit kamu.

Undertone kulit kita itu ada 3 jenis, dingin (cool), hangat (warm) dan netral.
Untuk mengetahui undertone kamu, kamu bisa melihat warna urat nadi di pergelangan tangan kamu ya.

Jika warna urat nadi kamu di dominasi warna kehijauan berarti undertone kamu warm cocok dengan shade yang biasanya mengandung kata "beige".

Jika warna urat nadi kamu di dominasi warna kebiruan, pink, atau ungu berarti warna undertone kamu adalah cool.

Jika warna urat nadi kamu ada beberapa warna misalnya seperti aku hijau dan ungu, berarti undertone kamu adalah netral.

source: google.com


4. Daya tahan alas bedak


source : https://www.youtube.com/watch?v=ARnw6GimJ-4


Daya tahan dari suatu alas bedak juga perlu menjadi pertimbangan kamu dalam memilih foundation.Apalagi bagi kamu yang mempunyai segudang aktivitas. Beberapa content dari beauty vlogger di YouTube bisa jadi bahan referensi kamu dalam mengetahui daya tahan suatu foundation, kamu bisa menggunakan kata kunci seperti "uji ketahanan alas bedak X " dalam mesin pencarian.

5. SPF

Kandungan spf didalam alas bedak, bisa menjadi salah satu poin plus tersendiri. Karena akan menambah perlindungan dsri efek buruk sinar matahari, perlu diketahui juga walaupun kamu sudah menggunakan produk yang mengandung Sunscreen, kamu harus tetap menggunakan sunscrren ya girls.

6. Formula, Coverage, dan Hasil Akhir


source : https://gitacinta.com/

Yang dimaksud dengan formula disini adalah apakah foundation ini berjenis liquid, creamy, stick, atau powder. Penggunaannya dapat disesuaikan dengan jenis kulit kalian.

Foundation stick cenderung akan menghasilkan tampilan cakey, jika kalian tidak bisa menaplikasikannya dengan baik dan disarankan untuk kulit normal dan berminyak namun tidak untuk kulit anti aging.

Foundation liquid adalah salah satu foundation yang banyak beredar dipasaran, dapat digunakan untuk kulit kering, normal, berminyak dan juga kombinasi, tergantung dengan formulanya. Hasil akhirnya un beragam, mulai dari sheer, satin, dewy dan matte.

Foundation creamy biasanya finish akhirnya adalah matte, dan foundation ini cenderung memiliki hasil yang coverage. Penggunaan foundation ini cocok untuk semua jenis kulit.

Powder Foundation adalah foundation dengan hasil akhir tampilan yang natural juga matte. Biasanya penggunaannya disarankan untuk kulit berminyak.

Nah itu dia tipsnya, semoga bermanfaat.




Share:

12 comments:

  1. Tipsnya bermanfaat banget beb .Makasih ya mau berbagi .Aku juga sampe sekarang nyari-nyari warna yang cucok. Soalnya kadang warna kulit sekarang sama bulan depan udah beda ,πŸ˜‚

    ReplyDelete
  2. Wah mantap nih tips nyaaa. Aku punya neutral undertone, jadi bisa cocok sama warna kuning dan pink. Tapi kalo soal kecocokan warna foundie, kesulitannya kalau beli online nihh wkwk

    etherealpotato

    ReplyDelete
  3. Kadang udh tau undertone nya apa, masi suka salah aku pilih shadeπŸ˜‚ dr semua makeup, foundie inilah yg agak pemilih πŸ˜‹

    ReplyDelete
  4. Bermanfaat bgt sharingnya 😍
    Aku neutral πŸ˜‚

    ReplyDelete
  5. Nice info beb, kadang aku suka salah pilih shade foundie 😜

    ReplyDelete
  6. Thabk you beb sharingnya, aku sampe sekarang masih kesusahan cari foundation yg cocok warnanya di aku heheheh

    ReplyDelete
  7. Aku juga bingung liat warna urat nadi, tp sepertinya sih netral πŸ˜‚ but somehow aku lebih merasa pas dgn yg undertone fondi yg kuning drpd yg pink πŸ˜‚

    ReplyDelete
  8. YuYups, memilih foundation adalah salah satu hal sulit bagiku. Makanya aku gak pernah beli foundation di olshop. Selalu datang ke counter nya langsung. Biar bisa nyobain tester dan gak salah shade.

    ReplyDelete
  9. aku cool undertone, masih suka mix n match produk yg cocok dan tahan lama sampe seharian

    ReplyDelete
  10. Nah ini aku masih sering bingung milih sade foundie. Aku sih undertonenya warm tapi kadang pas mau milih sahde yg cocok sama kulit warm takit nantinya oksidasi jadi makin gelap, jadinya bingungπŸ˜…

    ReplyDelete
  11. Q masih sering salah shade lho. Kadang jadi boros banget sama bronzer.

    ReplyDelete