AUDITING II AUDIT SIKLUS INVESTASI DAN PENDANAAN

Sebutkan 2 faktor yang dapat mendorong manajemen untuk dapat melakukan salah saji asersi siklus pendapatan dan pelaporan keuangan yang mengandung kecurangan

1. Tekanan untuk membuat lebih saji pendapatan sehingga melaporkan pencapaian target pendapatan atau profitabilitas padahal sebenarnya tidak terpenuhi karena faktor-faktor seperti kondisi ekonomi global, nasional, atau regional; dampak perkembangan teknologi terhadap daya saing perusahaan; atau buruknya manajemen. Cara yang digunakan untuk membuat lebih saji pendapatan mencakup pencatatan penjualan fiktif, penyelenggaraan pembukuan terbuka sehingga penjualan periode berikutnya dicatat pada periode berjalan (pisah batas yang tidak tepat), dan mencatat pengiriman barang yang tidak dipesan ke pelanggan menjelang akhir tahun dan mengakuinya sebagai penjualan tahun berjalan dan kemudian dibalikkan pada periode berikutnya.

2. Tekanan untuk membuat lebih saji kas dan piutang kotor atau kurang saji cadangan kerugian piutang dalam rangka melaporkan modal kerja yang lebih tinggi untuk memenuhi syarat perjanjian utang.

Sebutkan 1 contoh factor lingkungan pengendalian yang penting untuk mengurangi risiko kecurangan pelaporan keuangan dengan melakukan lebih saji pendapatan dan piutang

Faktor lingkungan pengendalian yang penting untuk mengurangi risiko kecurangan pelaporan keuangan dengan melakukan lebih saji pendapatan dan piutang, misalnya, adalah penerapan dan ketaatan manajemen terhadap standar integritas dan nilai-nilai etika yang tinggi.

Jelaskan 5 dokumen dan catatan penting yang digunakan dalam pemrosesan transaksi penyesuaian penjualan

Dokumen dan catatan penting yang digunakan dalam pemrosesan transaksi penyesuaian penjualan meliputi sebagai berikut.
a. Otorisasi retur penjualan. Formulir yang menunjukkan deskripsi, jumlah, dan data lain tentang barang yang diretur. Dokumen ini berfungsi sebagai landasan inisiasi retur penjualan dan pemrosesan retur penjualan internal retur dari pelanggan oleh penjual.
b. Otorisasi penghapusan piutang usaha. Formulir yang menunjukkan prosedur yang dilakukan dalam usaha penagihan dan dokumen otorisasi penghapusan piutang usaha.
c. Laporan penerimaan. Laporan yang dibuat saat menerima barang dari pelanggan yang menunjukkan kondisi dan jumlah barang yang diterima.
d. Memo kredit. Formulir yang menyatakan jumlah yang dikreditkan ke piutang usaha meliputi data spesifik bagian yang diretur, harga, dan nilai yang dikreditkan. Dokumen ini menjadi dasar pencatatan retur penjualan.
e. Jurnal. Dokumen yang digunakan untuk mencatat penyesuaian seperti penghapusan piutang usaha di buku besar.

Mengapa risiko bawaan persediaan / sediaan terbilang cukup tinggi pada entitas seperti pabrik, grosir, retailer? Jelaskan 3 alasannya

1. Volume transaksi pembelian, produksi, dan penjualan yang mempengaruhi akun-akun tersebut biasanya tinggi, meningkatkan kesempatan munculnya salah saji.
2. Sering ada masalah terkait identifikasi, pengukuran, dan alokasi kos sediaan seperti bahan baku, tenaga kerja dan kos pabrikasi tidak langsung, kos produksi bersama (joint costs), dan disposisi varian kos, akuntansi barang sisa dan masalah akuntansi kos lainnya.
3. Perbedaan sediaan yang besar kadang-kadang mengharuskan penggunaan prosedur khusus untuk menentukan jumlah sediaan, misalnya geometric volume tumpukan stok barang, aerial photography, dan perkiraan kuantitas oleh ahli.
4. Sediaan sering disimpan pada berbagai macam tempat, menambah kesulitan terkait mempertahankan kontrol fisik terhadap pencurian dan kerusakan, dan akuntansi barang saat transit antar lokasi yang memadai.
5. Sediaan sangat rawan usang, kerusakan, dan faktor lain seperti kondisi ekonomi secara umum yang dapat mempengaruhi permintaan dan kemudahlakuan, serta penilaian yang benar untuk sediaan.
6. Sediaan dapat dijual karena perjanjian pengembalian dan pembelian kembali.

Pada tes detail transaksi pada aktifitas tes substantive untuk asersi-asertsi sediaan, pada saat dilakukan uji penjurnalan, akun apa saja yang dilakukan pencocokan penjurnalan yang tercatat pada akun sediaan?

Beberapa atau semua jenis tes mungkin dilakukan sebagai bagian dari tes bertujuan ganda selama pekerjaan interim. Pencocokan penjurnalan yang tercatat pada akun sediaan terdiri atas berikut ini.

1) Debit pada sediaan barang dagang atau bahan baku ke faktur pemasok (vendor), laporan penerimaan, dan pemesanan pembelian.
2) Debit pada sediaan barang dalam proses atau barang jadi ke catatan kos produksi dan laporan produksi.
3) Kredit pada sediaan barang dagang atau bahan baku pada dokumen dan catatan penjualan.
4) Kredit terhadap sediaan barang dalam proses atau barang jadi pada catatan kos produksi dan laporan produksi.

 Ingat bahwa jurnal pencocokan yang meningkatkan saldo sediaan menyediakan bukti tentang keberadaan dan penilaian sediaan pada waktu transaksi. Entri pencocokan yang mengurangi saldo sediaan untuk menentukan ketepatan pengurangan sediaan menyajikan bukti lebih jauh tentang asersi penilaian harga pokok penjualan.
Share:

No comments:

Post a Comment