Jangan Lagi Pake Odol, Ini Dia Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar dan Cara Atasinya

Assalamualaikum, tepat tanggal 6 Oktober 2019 kemarin Oliv menghadiri sebuah acara talkshow bertemakan "Regret Comes Later" Bebas Beraktifitas di Rumah dengan Meminimalkan Resiko Luka Bakar Ringan. Acara ini diselenggarakan oleh Combiphar didukung oleh komunitas Ibu Profesional di Aston Hotel- Balikpapan. Narasumber yang dihadirkan di acara ini adalah dr. MN. Khaeruddin, Sp.b selaku wakil direktur Rumah Sakit Pertamina Balikpapan dan seorang dokter dari pihak Combiphar.


Acara ini dibuka dengan semacam kuis mengenali kepribadian melalui gambar, ada 4  gambar yaitu kotak persegi, segitiga, zig-zag, dan lingkaran, masing-masing gambar memiliki arti kepribadian masing-masing. Ayo kamu pilih yang mana nih ? Sudah tahu pilihannya, jika sudah yuk langsung cek hasilnya di bawah ini


kotak persegi : disiplin, orientasi tugas, loyal
segitiga : kreatif, senang dengan hal baru, suka tantangan
zig-zag : pembaruan, visioner dan revolusioner
lingkaran : senang belanja, hura-hura dan kuliner

Lucu sekali bukan, sudah bisa ditebak Oliv memilih yang mana, yap Oliv memilih lingkaran, dan tentunya sifat yang digambarkan sangat tepat suka belanja dan kuliner hehe. Acara berlangsung dengan sangat menyenangkan dari awal hingga akhir. Acara ditutup dengan pembagian hadiah, sangat menyenangkan, alhamdulillah. Selain mendapat ilmu juga mendapatkan hadiah untuk dibawa pulang.


Di dalam acara tersebut Oliv mendapatkan banyak Ilmu mengenai Luka Bakar, mulai dari jenis-jenis luka bakar hingga cara menangani luka bakar secara tepat. Karena sharing means caring, Oliv akan mengulas semua ilmu yang Oliv dapatkan di acara tersebut dalam tulisan kali ini, Simak terus ya..



"LUKA BAKAR"

Berdasarkan penjelasan Dr. Khaeruddin banyak luka bakar terjadi di rumah karena ketidaksengajaan, penyebabnya beragam, berdasarkan survei 55 % disebabkan oleh tersiram air panas / uap panas, 13% terkena api, 2% karena zat kimia, 1% karena listrik, dsb.Sedangkan lokasi seringnya terjadi luka bakar adalah di rumah dengan presentase 82%.

Luka bakar memiliki beberapa jenis/ derajat yaitu

1. Luka Bakar Derajat 1 (superficial burn)
Mengenai Kulit Lapisan Luar
Kering, Merah
Nyeri Sekali

2. Luka Bakar Derajat 2A
Menembus Kulit Yang lebih Dalam
Terdapat Gelembung
Nyeri Sekali

3. Luka Bakar Derajat 2 B
Kulit Melepuh, Kering
Mengenai seluruh lapisan kulit namun tidak sampai mengenai otot
Tidak nyeri

4. Luka Bakar Derajat 3
Tidak nyeri
hitam
tampak hangus
mengenai otot dan tulang

Nah itu tadi tingkat derajat luka bakar. Selanjutnya adalah bagaimana penanganan pertama pada luka bakar ? 




Penanganan Pertama Pada Luka Bakar harus dilakukan dalam 4 jam pertama sejak terjadinya luka bakar. Penanganan pertama pada luka bakar berfokus pada pengehentian proses terbakar, dengan langkah-langkah sebagai berikut

1. Dinginkan dengan air dingin, air mengalir, jangan menggunakan air es, minimal 10 menit, sebaiknya kamu lakukan 15-20 menit.

2. Lepaskan pakaian dan perhiasan, gunting pakaian disekitarnya yang tidak menempel, jangan memaksa melepas jika pakaian tersebut menempel pada kulit.

3. Tutup luka bakar, menggunakan kasa steril, jangan memecahkan gelembung jika ada, dan jangan menggosok luka.

4. Jangan menggunakan odol, kecap, mentega atau air es. Mengapa ? Karena hanya akan menambah kedalaman dari luka bakar, panas akan tertahan didalam dan menambah infeksi.

5. Untuk meregenerasi jaringan kulit dan meredakan nyeri, oleskan salep luka bakar. Pilih salep luka bakar yang mengandung bahan-bahan alami seperti minyak wijen, Cepalin dan Aloe Vera. Salep Luka Bakar yang aman, dengan bahan alam, diformulasikan tanpa antibiotik dan memang dikhususkan untuk mengobati luka bakar ringan. Rekomendasi Oliv, kamu bisa mencoba salep dari Combiphar yaitu Mebo. Salep ini bisa kamu dapatkan di apotik terdekat.

6. Apabila Area luka Bakar cukup luas dan sudah muncul tanda kemerahan atau melepuh segera dirujuk kerumah sakit atau dokter.

(PENGALAMAN)

Nah itu dia penanganan pertama pada luka bakar, Oliv sendiri selalu sedia salep Mebo di kotak P3K dirumah. Karena sebagai wanita, apalagi Oliv adalah seorang single mom, yang tentunya memasak adalah kegiatan rutin sehari-hari, dan terkena minyak panas sudah sangat sering terjadi. Kalau Oliv terkena minyak panas (luka bakar ringan) akibat memasak. Oliv langsung mendinginkan dengan air dingin mengalir (suhu ruang) dan mengoleskan salep Mebo . Alhamdulillah tidak ada bekas luka bakar karena selalu sedia Mebo di rumah. Terimakasih Mebo.


Karena kalau sampai ada bekas luka, sebagai wanita yang menyukai keindahan, rasanya tubuh menjadi berkurang estetikanya, ya ga beautylivs readers ? Jadi untuk mengurangi resiko terjadinya bekas luka bakar, jangan lupa selalu sertakan salep Mebo dalam penanganan pertama luka bakar kamu ya.

Kenapa sih Oliv menjatuhkan pilihan pada salep Mebo ?

1. Karena mengandung bahan-bahan alam seperti Scutellarice radix, Coptidis Rhizoma, dan Phellodendri Chinensis yang berfungsi sebagai anti inflamasi, anti infeksi, dan membanu regenerasi sel;

2. Terdapat kombinasi sesame oil / Minyak wijen dan Beeswax yang mempunyai prinsip mendinginkan luka. Panas yang berlebih dari area luka bakar pada saat dioleskan Mebo akan diserap oleh Mebo sehingga akan mengurangi tingkat keparahan luka bakar;

3. Sesame oil yang terdapat pada salep Mebo dapat melindungi area luka sehingga mencegah penguapan air dari area luka dan membuat area luka menjadi lebih lembab / moist. Area luka yang moist akan membantu proses regenerasi sel lebih cepat sehingga penyembuhan berjalan dengan lebih baik. Proses penyembuhan luka yang berjalan baik akan meminimalkan kemungkinan terjadinya bekas luka;

4. Mebo berbeda dengan salep lainnya. Karena Mebo mempercepat penyembuhan luka bakar sekitar 4-7 hari dengan minimal bekas luka dan rasa sakit, #1 rekomendasi Dokter di Indonesia, dan mengandung bahan alami tanpa antibiotik kimia.

Lalu bagaimana kak , apabila terlanjur mempunyai luka bakar dan susah pudar ?

Nah kalau ini Oliv juga punya bekas luka bakar yang susah pudar, Oliv memakai Mederma, ini salep satu rangkaian dengan Mebo, satu paket istilahnya, kalau Mebo dipakai saat luka bakar terjadi, sedangkan Mederma dipakai saat luka bakar sudah tertutup dan meninggalkan bekas luka bakar.


Mederma mengandung Allantoin yang berfungsi meningkatkan kelembababan dan mengurangi rasa gatal. Mengandung Cepalin, Alium Cepae yang merupakan anti peradangan dan memperbaiki tampilan dan struktur skar. Juga mengandung Aloe Vera yang berfungsi melembabakan dan mencerahkan.

Mederma terbukti efektif dan aman di kulit orang Asia. Penelitian ini dilakukan pada 26 pasien Asia pasca operasi Caesar dan tidak ada efek samping. Produk ini ini juga meruapakan produk pilihan untuk perawatan bekas luka oleh Dokter Indonesia ( Sumber : Indonesua Medical Data Index 2013). Secara signifikan membantu proses penyembuhan luka dalam 8 minggu pemakaian. Mederma tidak hanya bekerja dipermukaan kulit tapi juga meresap dan memperbaiki bekas luka ke bagian dalam kulit sehingga perawatan lebih efektif dan secara menyeluruh.

Bagaimana cara pemakaian Mederma ?

untuk Luka Baru
Gunakan Mederma 2 hingga 4 kali sehari sekurangnya selama 8 minggu


untuk Luka Lama
Gunakan Mederma 3-4 kali sehari sekurangnya selama 3-6 bulan

Gunakan hanya ke luka yang sudah benar-benar tertutup, dimulai dari tengah ke arah sisi luar, gel dipijat lembut pada skar,dilanjutkan dengan gerakan memutar kecil sampai Mederma diabsorbsi seluruhnya.

Oliv rutin memakai Mederma setiap hari dan benar saja bekas luka bakar memudar dan menjadi lebih lembut, memang tidak signifikan karena Oliv baru saja mencoba, namun Alhamdulillah sudah ada perubahan, seperti yang tampak pada foto dibawah ini.


Nah itu tadi dia seputar penyebab dan penanganan luka bakar, sekarang Oliv mau berbagi tips lagi khususnya untuk ibu-ibu yang sering beraktifitas didapur, agar aman dari luka bakar yang sangat sering terjadi didapur.


SMART SAFETY COOKING


Materi ini disampaikan oleh chef Gatot dari Aston Hotel Balikpapan

1. Selalu pastikan lantai dapur aman tidak licin;

2.Sediakan pemadam kebakaran khusus didapur yaitu apar clean agent;

3. Sediakan 3 pisau untuk memasak, untuk buah, daging, dan sayur;

4.Gunakan Apron untuk menahan uap panas kompor;

5. Letakkan towel atau lap pada panci panas (segala sesuatu yang panas) sebagai awareness 
agar tidak asal memegang kemudian terkena luka bakar.

Alhamdulillah itu adalah ilmu-ilmu yang Oliv dapatkan di acara tersebut dan pengalaman Oliv menggunakan Mebo-Mederma yang memang terbukti ampuh sebagai penanganan pertama terhadap luka bakar ringan dan juga atasi luka bakar lama. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian pembaca setia beautylivs.com. Sampai bertemu di postingan selanjutnya yaa...

#mebocombiphar #medermacombiphar #mebomedermawomenscommunity #combiphar #Balikpapan
Share:

No comments:

Post a Comment