Ingin dapat pahala, kemudahan urusan dan pertolongan Allah ? Dengan Modal 25.000 , yuk gabung di @sedekahrutinjumat

Assalamualaikum, bagaimana kabar sobat sedekahrutinjumat semua ? semoga dalam keadaan baik-baik saja, juga dalam keadaan yang luar biasa, bismillah jadi oliv mau ceritakan tentang program sedekahrutinjumat di tahun 2021 hingga tahun 2022. Kalau yang belum tahu apa itu @sedekahrutinjumat bisa baca ini ya. Singkatnya @sedekahrutinjumat adalah Gerakan sosial , insyaAllah rutin setiap minggunya melaksanakan kegiatan sedekah, terutama di hari Jumat. Kegiatan ini sudah berdiri sejak 2020. Karena barokah sedekah di hari Jumat sangat luar biasa.



Jadi apa saja program tabungan akhirat dari @sedekahrutinjumat ? ini dia

1. Donasi Panti Asuhan

MasyaAllah kegiatan ini dilakukan tiap minggunya untuk menyantuni anak yatim, InsyaAllah sudah rutin dilakukan sejak 2020.

Sebuah hadis dari Ibnu Abbas RA, mengatakan bahwa RAsulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang memberi makan dan minum seorang anak yatim piatu di antara kaum muslimin, maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga, kecuali dia melakukan satu dosa yang tidak diampuni.” 


2. Sembako Kaget

Doa orang-orang lemah adalah suatu keberuntungan bagi kita. Rasul bersabda:

إِنَّمَا يَنْصُرُ اللهُ هَذِهِ الْأُمَّةُ بِضَعِيْفِهَا: بِدَعْوَتِهِمْ، وَصَلَاتِهِمْ، وَإِخْلَاصِهِمْ (رواه الترمذي)

“Sesungguhnya Allah akan menolong umat ini sebab orang-orang yang lemah dari mereka, yaitu dengan doa, shalat dan keikhlasan mereka.” (HR. at-Tirmidzi)


Dengan memberikan sepaket sembako untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan, yang kurang mampu. Untuk menemukan orang-orang yang kurang mampu kita melakukan survei sederhana terlebih dahulu sehingga donasi menjadi tepat sasaran. Bukan memberi sebanyak-banyaknya, tapi memberi tepat sasaran. Doa-daoa tulus dari mereka yang benar-benar membutuhkan itu masyaAllah. Banyak yang nangis Ketika diberi, menangis terharu, masyaAllah sembari mendoakan.


Minggu kemarin @sedekahrutinjumat juga menyantuni janda dengan 5 anak yang terbaring sakit tanpa pertolongan hingga badan beliau kurus kering

Ya, janda tanpa penghasilan bahkan memiliki banyak tanggungan (anak) juga termasuk ke dalam kaum dhuafa. Tak perlu jauh – jauh, jika kita memiliki kakak atau adik yang saat ini tengah hidup menyandang status janda maka wajib bagi kita untuk turut serta menyantuni hidupnya. Rasulullah Muhammad SAW bahkan sangat menganjurkan kita untuk melakukan perbuatan baik ini.


Dalam salah satu hadist diketahui Beliau pernah bersabda,

“Orang yang berusaha menghidupi para janda dan orang-orang miskin laksana orang yang berjuang di jalan Allah. Al-Qa’nabi–yaitu gurunya Imam Bukhari dan Muslim–berkata, aku sangka itu seperti orang yang shalat malam yang tidak pernah merasakan lelah, dan yang berpuasa yang tidak pernah berhenti berpuasa.” (HR. Bukhari, no. 5353 dan Muslim, no. 2982)


MasyaAllah


3. Donasi Pakaian

Sebagian dari kita mungkin masih banyak yang berpikir kalau sedekah itu harus dengan uang atau harta. Tentu saja itu keliru. Karena sedekah bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya bersedekah dengan barang atau pakaian bekas yang masih layak pakai.


Banyak di antara kita yang mempunyai banyak pakaian karena rutin membeli. Sampai-sampai pakaian-pakaian tersebut menumpuk di lemari dan sebagian mungkin sudah tidak terpakai.


MasyaAllah, bagi teman-teman yang memiliki hijab/ baju pria/ Wanita yang masih layak pakai dapat didonasikan di @sedekahrutinjumat . Dengan syarat sudah di laundry ya, nanti kami akan packing rapi untuk kemudian kita bagikan kepada yang membutuhkan.

Alhamdulillah sudah ratusan baju dan hijab dibagikan, sesederhana ada ibu dan anak yang Bahagia mendapat pakaian baru, luar biasa. Daripada baju menggantung namun tidak terpakai , baiknya mari disumbangkan saja, jadi lebih bermanfaat.


Sedekah pakaian layak pakai tentu hukumnya boleh. Bahkan yang memberikan pakaian bekas layak pakai kepada orang yang membutuhkannya adalah termasuk amalan kebaikan. Pelakunya bisa mendapat ganjaran dari Allah SWT.


Allah SWT berfirman : “…Berlomba-lombalah (dalam membuat) kebaikan…” (QS. Al-Baqarah : 148).


Dalam ayat lain, Allah SWT juga berfirman : “Wahai orang yang beriman, rukuklah, sujudlah dan sembahlah Allah SWT Rabbmu dan berbuatlah Kebaikan agar kamu beruntung”. (Qs. Al-Hajj : 77)

Dalam hadits lain, dari Abu Hurairah RA bahwa Nabi SAW bersabda, “Kulihat ada seseorang yang bersenang-senang di dalam surga disebabkan ia memotong dahan yang berada di tengah jalan karena mengganggu kaum muslimin yang lewat.” (HR Bukhari)

Jangankan sedekah pakaian bekas, menghilangkan gangguan di jalan yang biasanya dianggap sebagai hal kecil itu bernilai sedekah. Jadi teruslah berbuat kebaikan, mulai dari hal-hal kecil, mulai dari diri sendiri dan mulai dari saat ini juga.

Jika di lingkungan sekitarmu tidak ada orang baik, maka jadilah orang pertama yang berbuat kebaikan. Karena kebaikan, termasuk sedekah pakaian bekas layak pakai, bisa mengantarkan kepada kebahagiaan. Bukan hanya bahagia di akhirat, tetapi juga di dunia.


4. Donasi Kaum Duafa

Siapa yang ingin ditolong Allah ? Angkat tangan , hehe


Sesuai sabda Rasulullah SAW:


“…Allah akan menolong hamba-Nya selama hamba itu menolong saudaranya.” (HR Muslim dan Ashhabus Sunan dari Abu Hurairah).


Dan Barang siapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat.


Jadi ini adalah program memudahkan urusan orang lain, program menolong orang lain


Donasi berupa uang cash kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan, uang cashnya digunakan misalnya ada Bapak yang membutuhkan dana operasi, Ibu hamil yang membutuhkan biaya persalinan, Keluarga kurang mampu untuk membiayai Pendidikan anaknya,  keluarga tidak punya tempat tinggal, atau kakek nenek yang sudah tua renta sakit butuh uang cash untuk pengobatan, atau kaum duafa yang tempat tinggalnya hamper roboh, maka akan diperbaiki (renovasi).


5. Buka Puasa Sunah

MasyaAllah, Memberi makan untuk orang berbuka puasa amat besar pahalanya. Rasulullah SAW bersabda seperti diriwayatkan Imam Tirmidzi: “Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun.” (HR. Imam Tirmidzi No. 807).

InsyaAllah dibulan syawal ini akan diadakan buka puasa di beberapa panti asuhan dan masjid

Prepare Naskot Berbuka Puasa Syawal


Panti Asuhan

- Panti Asuhan Nurul iman : 70 Kotak

- Panti Asuhan Al Firdaus : 25

- Panti Jompo Sepinggan : 25

- Panti Asuhan An Nisa : 25

- Panti Asuhan as sakinah : 25

- Panti asuhan ummi zahro : 29


MASJID

- Masjid RS kanujoso : 50

- Masjid Gugun simpangan Alfamidi : 50

- Masjid As salam : 100


Nah itu dia program sedekahrutinjumat , cara berpartisipasi , cukup 25.000 setiap jumatnya , no rekening bisa diminta via dm Instagram kami @sedekahrutinjumat ya kak , 


Semua dokuemntasi kegiatan tertera di TikTok dan Instagram @sedekahrutinjumat , semoga bermanfaat

instagram : @sedekahrutinjumat

Tiktok : @sedekahrutinjumat

Share:

No comments:

Post a Comment