Manajemen Resiko dan Asuransi (DISKUSI KE-7)

 MANAJEMEN RESIKO DAN ASURANSI

Pertanyaan: perkembangan usaha perasuransian selalu berbanding lurus dengan perkembangan bidang-bidang lainnya seperti ilmu dan teknologi, prasarana transportasi, teknologi satelit dan bidang ekonomi, apakah anda setuju ?

Dalam  bidang transportasi, pembangunan bidang prasarana transportasi sampai ke daerah pelosok mendorong perkembangan sarana transportasi darat, laut, dan udara serta meningkatkan mobilitas penumpang dari suatu daerah ke daerah bahkan negara lain. Ancaman bahaya lalu lintas juga makin meningkat, sehingga kebutuhan perlindungan terhadap barang muatan dan  jiwa   penumpang   juga meningkat. Keadaan ini mendorong perkembangan perusahaan asuransi kerugian dan asuransi jiwa serta asuransi sosial (social security insurance).

Pada bidang ekonomi, pembangunan bidang ekonomi ditandai oleh munculnya perusahaan besar yang memerlukan banyak modal melalui kredit, bangunan kantor, tenaga kerja yang membutuhkan jaminan  perlindungan   dari   ancaman   bahaya   kemacetan, kebakaran, dan kecelakaan kerja. Hal ini mendorong perkembangan asuransi kredit, asuransi kebakaran, dan asuransi tenaga kerja.

Sedangkan contoh lain pada perkembangan di bidang teknologi satelit komunikasi juga memerlukan perlindungan dari ancaman kegagalan peluncuran dan berfungsinya satelit, sehingga perlu diasuransikan. Hal ini pernah terjadi ketika Indonesia meluncurkan satelit Palapa B2 yang gagal masuk garis orbit. Karena kegagalan tersebut, Indonesia mengklaim dan mendapat ganti kerugian dari perusahaan asuransi yang bersangkutan.

Dari penjelasan di atas, saya setuju bahwa perkembangan usaha perasuransian selalu berbanding lurus dengan perkembangan bidang-bidang lainnya seperti ilmu dan teknologi, prasarana transportasi, teknologi satelit dan bidang ekonomi.

Makin berkembangnya ekonomi masyarakat, makin tinggi pendapatan per kapita masyarakat, makin mampu masyarakat memiliki harta kekayaan dan makin dibutuhkan pula perlindungan keselamatannya dari ancaman bahaya. Karena pendapatan masyarakat meningkat, maka kemampuan membayar premi asuransi juga meningkat. Dengan demikian, usaha perasuransian juga berkembang. Kini banyak sekali jenis asuransi yang berkembang dalam masyarakat yang meliputi asuransi kerugian, asuransi jiwa, dan asuransi sosial yang diatur dalam berbagai peraturan perundang-undangan.

Salam,

Sumber:

BMP Manajemen Risiko dan Asuransi

Materi Inisiasi 7 Manajemen Risiko dan Asuransi

Share:

No comments:

Post a comment