EKMA4371/Manajemen Rantai Pasokan (Universitas Terbuka)

 Bismillah semoga bermanfaat, sebelum melihat soal dan jawabannya mari kita doakan penulis dan pemilik blog ini agar senantiasa istiqomah dalam kebaikan dan keislaman hingga akhir hayat, serta dapat bermanfaat bagi orang banyak hingga akhir hayat aamiin


  1. a. Persediaan I adalah Pipeline Inventory, karena persediaan ini dikirim selama beberapa hari/minggu ke tempat distribusi. Persediaan II adalah Fluctuation Stock, karena persediaan ini menjaga terjadinya fluktuasi permintaan. Persediaan III adalah Anticipation Stock, karena ini merupakan jenis persediaan untuk menghadapi peningkatan permintaan yang dapat diramalkan.

    b. persediaan II dan persediaan III hampir sama karena mempunyai persediaan lebih untuk menghadapi peningkatan permintaan. Tetapi persediaan III didasarkan pada perubahan musim di pasarnya. Sedangkan persediaan II hanya berfokus pada permintaan yang fluktuatif.

  2. Leadtimeadalahwaktutenggangatauwaktujedasaatpenyelesaianproses.Dalam pelayanan pelanggan, lead time adalah waktu antara pesanan pelanggan yang telah dikonfirmasi dan pengiriman barang sampai kepada pembeli.

  3. A.TiperisikoyangdihadapiTransmartCarrefouradalahtiperisikopermintaan.Karena dengan berbelanja online, pelanggan tidak bisa melihat barang secara langsung sebelum dibeli, akibatnya bisa memicu permintaan customer.

    b. menginformasikan produknya sedetail mungkin berupa foto/video, agar customer tidak perlu melihat barang tersebut secara langsung dan bisa membeli secara online.

    Sumber: google

Jawaban

  1. Pendekatan untuk meminimalisir risiko terhadap disruption adalah sebagai berikut:

    1. Memperbaiki tingkat akurasi pada peramalan permintaan;

    2. Mengintegrasi dan menyinkronkan antara perencanaan dengan eksekusi;

    3. Mengurangi rata rata dan variasi lead time;

    4. Berkolaborasi dan bekerja sama dengan partner dalam supply chain;

    5. Meningkatkan awareness perusahaan terhadap aktivitas supply chain;

    6. Membangun fleksibilitas dalam supply chain;

    7. Strategi penundaan

  2. Dalam mengatur tingkat persediaan nya, Zara rata-rata mengganti desain pakaiannya setiap dua minggu, sementara pesaing mengubah desainnya setiap dua atau tiga bulan. Hal ini berarti terdapat sekitar 11.000 item berbeda per tahun di ribuan toko di seluruh dunia dibandingkan dengan pesaing yang memiliki 2.000 hingga 4.000 item per tahun di toko mereka. Rantai pasokan Zara yang sangat responsif adalah inti dari kesuksesan bisnisnya. Proses produksi yang singkat menciptakan kelangkaan desain yang diberikan dan itu menimbulkan rasa urgensi para konsumen untuk segera membeli selama persediaan masih ada. Akibatnya, Zara tidak memiliki banyak persediaan berlebih, juga tidak perlu melakukan mark-down besar pada item pakaiannya. Persediaan setiap item produk yang dijual tidak dibuat dalam jumlah yang banyak karena model pakaian akan berganti dengan cepat. Zara memiliki 12 tingkat perputaran persediaan per tahun dibandingkan dengan 3 - 4 per tahun untuk pesaing mereka. Untuk kelancaran produksi, Zara membeli sejumlah besar hanya beberapa jenis kain (hanya empat atau lima jenis, tetapi dapat berubah dari tahun ke tahun). Perputaran persediaan yang cepat serta respon cepat terhadap perubahan mode fashion menjadi kunci keberhasilan Zara

  3. Customer relationship management
    Pasar inti perusahaan yang merupakan wanita berusia 24-35 tahun. Mereka menjangkau pasar ini

dengan menempatkan toko mereka di pusat kota dan tempat-tempat dengan konsentrasi wanita yang tinggi dalam rentang usia ini.Item pakaian diberi harga berdasarkan permintaan pasar, bukan berdasarkan biaya pembuatan. Waktu tunggu yang singkat untuk pengiriman item fesyen unik yang dikombinasikan dengan produksi yang singkat memungkinkan Zara menawarkan lebih banyak gaya dan pilihan kepada pelanggan.

Supplier relationship management
Rantai pasokan Zara yang sangat responsif adalah inti dari kesuksesan bisnisnya. Serta Terdapat keterbukaan informasi dan kerja sama yang baik antara The Cube dengan para pemasok yang juga menjadi kunci pemasok dapat mengirimkan pesanan dalam waktu yang cepat. 

Share:

No comments:

Post a Comment