Pentingnya Berada di Lingkungan Positif dengan Kisah inspiratif #carasukses



Assalamualaikum, selamat pagi, jadi Oliv akan bercerita sedikit didalam postingan ini, bahwa lingkungan adalah salah satu faktor yang akan mempengaruhi kesuksesan, kebahagiaan, dan kesedihan didalam hidup kita.

Selama ini mungkin kamu banyak menghabiskan waktu dengan keluarga, teman kerja dan teman-teman yang lain. Tapi apakah kamu pernah berpikir berapa banyak dari mereka yang memberikan energi positif pada kamu tiap harinya ? Apa jangan-jangan mereka malah memberikan energi negatif padamu, sehingga kamu menjadi merasa tidak dihargai, tidak diapresiasi dan lain sebagainya.

Jangan-jangan semua energi negatif itu terjadi bukan karena kamu tidak mampu, tidak patut dihargai atau tidak patut di apresiasi. Bisa jadi kamu sebenarnya mampu, bahkan lebih dari mampu melakukan segalanya, bahwa sebenarnya kemampuan mu sudah lebih dari cukup, kamu sudah hebat,ya kamu sudah hebat, namun karena kamu berada di lingkungan yang kurang tepat maka semua stigma kurang positif jadi melekat padamu.

Nah agar lebih paham lagi seberapa penting lingkungan yang tepat bagi karir, kehidupan, dan kebahagiaan kamu yuk baca cerita inspiratif dibawah ini


Seorang santri sedang membersihkan aquarium Kyainya, ia memandang ikan arwana merah dengan takjub..
Tak sadar Kyainya sudah berada di belakangnya.. "Kamu tahu berapa harga ikan itu?". Tanya sang Kyai..
.
"Tidak tahu". Jawab si Santri..
.
"Coba tawarkan kepada tetangga sebelah!!". Perintah sang Kyai.
.
Ia memfoto ikan itu dan menawarkan ke tetangga..
Kemudian kembali menghadap sang Kyai. .
"Ditawar berapa nak?" tanya sang Kyai. .
"50.000 Rupiah Kyai". Jawab si Santri mantap..
.
"Coba tawarkan ke toko ikan hias!!". Perintah sang Kyai lagi..
.
"Baiklah Kyai". Jawab si santri. Kemudia ia beranjak ke toko ikan hias..
.
"Berapa ia menawar ikan itu?". Tanya sang kyai..
.
"800.000 Rupiah Kyai". Jawab si santri dengan gembira, ia mengira sang Kyai akan melepas ikan itu..
.
"Sekarang coba tawarkan ke Si Fulan, bawa ini sebagai bukti bahwa ikan itu sudah pernah ikut lomba". Perintah sang Kyai lagi..
.
"Baik Kyai". Jawab si Santri. Kemudian ia pergi menemui si Fulan yang dikatakan gurunya. Setelah selesai, ia pulang menghadap sang guru.
.
"Berapa ia menawar ikannya?".
.
"50 juta Rupiah Kyai".
.
Ia terkejut sendiri menyaksikan harga satu ikan  yang bisa berbed-beda..
.
"Nak, aku sedang mengajarkan kepadamu bahwa kamu hanya akan dihargai dengan benar ketika kamu berada di lingkungan yang tepat..".

.
"Oleh karena itu, jangan pernah kamu tinggal di tempat yang salah lalu marah karena tidak ada yang menghargaimu.. Mereka yang mengetahui nilai kamu itulah yang akan selalu menghargaimu..".

كُلُّنَا اَشْخَاصٌ عَادِيٌّ فِي نَظْرِ مَنْ لاَ يَعْرِفُنَا
Kita semua adalah orang biasa dalam pandangan orang-orang yang tidak mengenal kita.

وَكُلُّنَا اَشْخَاصٌ رَائِعُوْنَ فِى نَظْرِ مَنْ يَفْهَمُنَا
Kita adalah orang yang menarik di mata orang yang memahami kita.
وَكُلُّنَا اَشْخَاصٌ مُمَيِّزُوْنَ فِى نَظْرِ مَنْ يُحِبُّنَا
Kita istimewa dalam penglihatan orang-orang yang mencintai kita.

وَكُلُّنَا اَشْخَاصٌ مَغْرُوْرُوْنَ فِى نَظْرِ مَنْ يَحْسُدُنَا
Kita adalah pribadi yang menjengkelkan bagi orang yang penuh kedengkian terhadap kita.

وَكُلُّنَا اَشْخَاصٌ سَيِّئُوْنَ فِى نَظْرِ مَنْ يَحْقِدُ عَلَيْنَا
Kita adalah orang-orang jahat di dalam tatapan orang-orang yang iri akan kita.

لِكُلِّ شَخْصٍ نَظْرَتُهُ، فَلاَ تَتْعَبْ نَفْسَكَ لِتُحْسِنَ عِنْدَ الآخَرِيْنَ
Pada akhirnya, setiap orang memiliki pandangannya masing masing, maka tak usah berlelah-lelah agar tampak baik di mata orang lain.

يَكْفِيْكَ رِضَا اللّٰهُ عَنْكَ ، رِضَا النَّاسِ غَايَةٌ لاَ تُدْرَك
Cukuplah dengan ridha Allah bagi kita, sungguh mencari ridha manusia adalah tujuan yang takkan pernah tergapai.

وَرِضَا اللّٰهُ غَايَةٌ لاَ تُتْرَك ، فَاتْرُكْ مَا لاَ يُدْرَكْ ، وَاَدْرِكْ مَا لاَ يُتْرَكْ
Sedangkan Ridha Allah, destinasi yang pasti sampai, maka tinggalkan segala upaya mencari keridhaan manusia, dan fokus saja pada ridha Allah . ان شاء الله

#Lirboyo  07 Januari 2020M.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Nah Oliv sendiri merasakan sekali pentingnya berada di lingkungan positif, berteman dengan orang-orang positif, dan berpikir positif. Semenjak Oliv mulai menyeleksi teman-teman yang toxic dari kehidupan Oliv. Perlahan pikiran mulai dipenuhi hal-hal positif berdampak pada hati yang makin lama makin bahagia, dan  kalaupun jika ada masalah, Oliv tetap mampu berpikir positif dan optimis.
Sehingga pada akhirnya hidup ini terasa mudah, walaupun sebenarnya masalah tetap ada.

Oliv mulai menyibukkan diri berteman dan berdiskusi dengan teman-teman yang suka membagi hal positif, berkata positif, memandang hidup dengan optimis. Karena energi positif orang-orang seperti itu menular. Dan pada akhirnya membawa kebaikan ke diri kita. Jauhi orang-orang pesimis, orang-orang yang suka mengatakan hal-hal negatif terhadap hidupnya, terhadap hidupnya sendiri saja dia berpikir negatif, lalu bagaimana dengan lingkungan sekitar.

Coba deh mulai mendekat dengan lingkungan yang positif, lingkungan yang membagi semangat kebaikan, contohnya kamu dapat bergabung dengan komunitas-komunitas yang positif, insyaAllah disitulah kamu akan bertemu orang-orang positif.

Dan kalau kamu suka mendengar musik, maka dengarkanlah hal positif, musik-musik berlirik positif. Namun jika kamu beragama islam, alangkah lebih baiknya kamu mendengarkan lantunan ayat Al-Quran.

Semoga sedikit tips dan kisah dari Oliv ini bisa memberi manfaat kepada kalian semua. aamiin

Share:

Ingin bermanfaat bagi orang lain, Yuk coba lakukan 34 sedekah kreatif ini !

Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh,


Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni. Hadits ini dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’ no:3289).

Alhamdulillah segala puji bagi Allah. Saudara Oliv semua, kita hidup didunia ini hanya sekejap. Bahkan Oliv merasa bahwa waktu berlalu sangat cepat, tiba-tiba sudah umur 25 tahun, serasa baru kemarin Oliv lulus dari bangku sekolah menengah atas. Nah itulah mengapa, kita sepatutnya berhenti membuang-buang waktu dan mulai menebar kebaikan dimanapun kita berada. Karena tidak tahu sampai kapankah kita akan hidup ? Dan apa yang akan kita bawa nanti untuk bertemu dengan Allah, jika bukan kebaikan ?

Nah Oliv disini mau sharing 34 ide kreatif terkait kegiatan berbagi. Semoga tulisan kali ini dapat memberi manfaat pada Oliv dan teman-teman semua untuk bekal di kampung akhirat aamiin.

Sedekah / berbagi selalu identik dengan berbagi uang, makanan, minuman atau pakaian. Padahal berbagi / sedekah bisa mempunyai banyak bentuk dan selalu dapat kita lakukan setiap waktu disetiap hari-hari kita. Nah yuk simak 34 ide kreatif bersedekah / berbagi dibawah ini

1. Siapkan nasi bungkus dari rumah. Berikan ke orang yang kira-kira membutuhkan seperti pedagang kecil, pengemis, orang gila, pengamen, anak terlantar dll. Enggak usah banyak-banyak misal 1 bungkus setiap harinya.

2. Laundry/cucikan Mukena/sarung secara berkala musholla yang ada di sekitar lingkungan kita.

3. Berkala beli Mukena/sarung baru, misal 3 bln sekali. Malu dong sama Allah pake itu-itu melulu, yang lama disedekahkan.

4. Bawa Mukena ketika akan berpergian. Tinggalkan di masjid/ musholla yang kita singgahi.

5. Beli kamper/pengharum baju. Taruh di kumpulan mukena di masjid/musholla yang kita singgahi

6. Bungkus perlengkapan shalat (Mukena, sarung, sajadah, kopiah, Al Qur'an jadikan parcel ketika lebaran. Berikan ke satpam komplek atau tukang kebersihan komplek atau office boy di kantor. InsyaAllah pahalanya mengalir.

7. Beli beberapa pasang sandal jepit, taruh di kantor, musholla atau masjid untuk digunakan ketika berwudhu.

8. Beli perlengkapan untuk membersihkan toilet, juga pengharum ruangan, dan berikan secara berkala ke masjid-masjid.

9. Bagi yang shalat Jum'at, datang 15 menit lebih awal. Bantu bersih-bersih dan beres-beres.

10. Kumpulkan botol minuman plastik/botol bekas shampoo dll, setelah banyak berikan ke pemulung.

11. Kalau beli minum dalam kemasan, kalau ada sisa bawa pulang. Airnya bisa disedekahkan untuk tanaman (sedekah alam), dan wadahnya dikumpulkan, kalau sudah banyak dikasihkan pemulung..

12. Beli beberapa burung yang murah saja, lepaskan ke alam bebas.

13. Beli makanan kucing siap saji dalam toples, taruh di tas. Ketika di jalan ketemu kucing liar, berikan.

14. Beli barang diskonan di supermarket agak banyak. Misal detergent, minyak goreng, sabun, buku tulis, pulpen kemudian bungkus cantik hadiahkan ke panti asuhan atau rumah singgah.

15. Jangan nawar ke pedagang kecil, kalau bisa justru kasih lebih.

16. Beli tissue atau keperluan yang sederhana di pedagang kecil yang kita jumpai, misal tissue 2000 rupiah, ikat rambut atau peniti sudah cukup bikin mereka senang.

17. Ketika makan di kaki lima ada pengemis atau anak terlantar, beliin mereka seporsi seperti yang kita makan.

18. Siapa yang suka jualan makanan kecil di kantor? Gratisin buat yang buka puasa. Kebayangkan gorengan 2000 bisa bikin kita masuk surga. In syaa Allah.

19. Ada pembangunan masjid? Bisa bikin gorengan? Berikan beberapa ke pekerja.

20. Selalu siap jika dimintai tolong tenaga, jika sedekah materi belum bisa kita lakukan.

21. Bayarlah lebih ketika naik angkot yang supirnya kakek-kakek atau bapak tua.

22. Kasih tips lebih buat ibu/abang ojek online / kurir kalo kira-kira jaraknya jauh dan juga kondisi mereka yang kira-kira memprihatinkan (tua misalnya).

23. Ketika di bus/angkot. Bayarin nenek-kakek yang keliatan kurang mampu atau suami istri yang buta.

24. Pas bulan Ramadan. Diperkirakan buka puasa diperjalanan. Angkot, bis, kereta, busway etc. Siapkan beberapa air mineral (gelas) pas adzan bagi-bagi. Kebayang beli 5000 aja udah dapat 10, Kita dapat 10 pahala beri minuman orang berbuka. In sya Allah.

25. Tawarkan temen kita yang searah, Jika kita bawa kendaraan.

26. Pada saat di perjalanan bersama keluarga mampir di toilet masjid biasakan anak laki-laki diberi tugas bersihin toilet dan tempat wudhu.

27. Rutin mensortir mainan anak kita. Buy 1 give 1. Ketika beli mainan baru harus ada 1 mainan yang disedekahkan ke temannya atau panti asuhan.

28. Diam-diam ke toko bangunan, terus belanja semen semampu kita terus langsung kirim aja ke tempat2 sosial seperti masjid-masjid,sekolah2 yang masih dalam tahap pembangunan dan butuh bantuan dana.

29. Suka memberi hadiah2 kecil atau oleh-oleh untuk orang lain.

30. Donasikan sebagian keuntungan / gaji secara rutin ke yayasan yatim piatu / pihak yang mebutuhkan.

31. Rutin ikut donor darah di PMI.

32. Perhatikan kecukupan hidup ulama / pendakwah disekitar Anda.

33. Share pesan / postingan bermanfaat seperti dakwah, motivasi dls. Insya Allah itu akan menjadi amal jariah kita.

34.  Jika ada ide yang lain, uk share di kolom komentar, jangan lupa ya ,

Semoga menginspirasi. Mulai dari hal yang terlihat sepele, mulai dari diri sendiri, mulai dari sekarang.

"Perumpamaan ( nafkah yang dikeluarkan oleh ) orang2 yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap2 bulir seratus biji.

Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui."
QS. AL BAQARAH

Kebayang satu orang di antara kita menjalankan ini setiap harinya, berapa banyak masalah sosial bisa teratasi dan pahala yang bisa kita raih

Aamiin allahumma aamiin
Share:

Cara Menghilangkan Ketombe Membandel yang menyebabkan Kerontokan Parah{Pengalaman Pribadi}

source : google.com
Assalamualaikum, selamat sore, jadi oliv kali ini akan bercerita tentang pengalaman Oliv menghilangkan ketombe yang hampir menyerang seluruh kepala dan sampai berkerak seperti itu guys. Selama hidupku yang telah lebih dari 20 tahun. Baru kali ini yang namanya mengalami ketombe membandel hingga menyebabkan kerontokan parah. Sedih banget rasanya, frustasi juga. Segala cara sudah dicoba, beli produk shampo, berkali-kali, dari yang high end hingga yang biasa saja. Finally alhamdulillah sudah sembuh nih sekarang, sebenarnya dari akhir desember kemarin sudah sembuh, ketombe sudah menghilang, namun baru sempat membuat videonya dan tulisannya sekarang, hehe.

So guys, sebelum kalian pengen tau caranya gimana, oliv mau jelasin dulu jenis-jenis penyebab ketombe

1. Karena kulit Kepala Kering
2. Karena kulit Kepala Berminyak
3. Jamur
4. Residu produk hair care
5. Psoriasis

Nah semuanya punya penanganannya masing-masing. Oliv udah coba satu-satu dan ternyata berdasarkan eksperimen Oliv yang Oliv ceritakan di video dibawah ini , ketombe Oliv yang parah hingga berkerak dan menyebabkan kerontokan disebabkan karena kulit kepala kering.

Tonton Perjalanan Oliv menyembuhkan ketombe beserta produk apa saja yang Oliv pakai disini..



Nah oliv menggunakan shampoo ini




Harga IDR 40.000
Pemesanan shampoo klik disini
Atau hub whatsapp 0813-5103-4863

Share:

Katalog Baju Umroh


350.000


260.000

350.000


350.000


350.000


260.000


350.000


350.000


350.000

350.000


350.000


160.000


350.000



Satu set hijab 400.000


260.000



Satu set dress 400.000

Pemesanan klik disini
Atau hub whatsapp 0813-5103-4863

Share:

Berdo'alah Kepada-Ku Niscaya Akan Aku Kabulkan ! (PART 1)


Assalamualaikum, udah lama ya Oliv ga menulis di blog ini. Alhamdulillah, all praises to Allah. Sepulang dari umroh dan mengikuti training Camp Magnet Rejeki dan training Pola pertolongan Allah. Pikiran Oliv semakin terbuka akan kasih sayang Allah, bahwa semua itu mudah untuk digapai, keajaiban itu dimana-mana, berkah Allah itu berlimpah ruah dimuka bumi ini, dan bahwa sebenarnya masalah dalam hidup itu tercipta akibat dosa-dosa kita sendiri, dan berbagai konsep kehidupan yang lain. InsyaAllah Oliv akan share di postingan khusus mengani hal tersebut.


Satu yang pasti sudut pandangku berubah setelah aku mengikuti camp magnet rejeki dan pola pertolongan Allah. Terimakasih Allah telah membawa suatu ilmu yang luar biasa pada kehidupanku.

Nah lanjut cerita ke pointnya saja ya, kebetulan ini sudah jam 6 sore aku harus segera pulang ke rumah, karena saat ini aku masih dikantor.


Allâh Azza wa Jalla berfirman:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Dan Rabbmu berfirman:“Berdo’alah kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari beribadah kepada-Ku (berdo’a kepada-Ku) akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina [Al-Mu’min/Ghafir/40: 60].

Alhamdulillah Maha benar Allah dengan segala firmannya. Aku sangat takjub dengan doa. Doa ternyata sepowerful itu. Walaupun kita mendoakan hal yang receh, atau bukan sesuatu hal yang luar biasa, hanya keinginan sesaat, asal kita mengungkapkannya dengan penuh keyakinan. ITU BISA TERWUJUD SEGERA.

Allah mendengar dan Allah akan menjawab doa itu. Luar biasa. Jadi jangan remehkan keinginan sekecil apapun. Sekecil apapun keinginanmu, sereceh apapun keinginanmu, ungkapkan kepada Allah, mintalah doa pada orang lain tentang keinginanmu, karena ketika orang lain yang mendoakanmu, doa itu akan langsung menuju ke Allah tanpa perisai. Dahsyat !

Kejadian keinginan receh yang terwujud ini, membuat Oliv yakin untuk selalu meminta apapun kepada Allah, apapun. Yang receh saja Allah wujudkan apalagi yang besar, tapi kuncinya harus yakin, berusaha dan tawakal,plus minta didoakan orang lain hehe !

Allâh Azza wa Jalla berfirman:
وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ
Dan Rabbmu berfirman:“Berdo’alah kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari beribadah kepada-Ku (berdo’a kepada-Ku) akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina [Al-Mu’min/Ghafir/40: 60].


Read more https://almanhaj.or.id/8161-berdoalah-kepadaku-niscaya-aka-aku-kabulkan.html

Allâh Azza wa Jalla berfirman:
وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ
Dan Rabbmu berfirman:“Berdo’alah kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari beribadah kepada-Ku (berdo’a kepada-Ku) akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina [Al-Mu’min/Ghafir/40: 60].


Read more https://almanhaj.or.id/8161-berdoalah-kepadaku-niscaya-aka-aku-kabulkan.html
Allâh Azza wa Jalla berfirman:
وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ
Dan Rabbmu berfirman:“Berdo’alah kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari beribadah kepada-Ku (berdo’a kepada-Ku) akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina [Al-Mu’min/Ghafir/40: 60].


Read more https://almanhaj.or.id/8161-berdoalah-kepadaku-niscaya-aka-aku-kabulkan.html
Allâh Azza wa Jalla berfirman:
وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ
Dan Rabbmu berfirman:“Berdo’alah kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari beribadah kepada-Ku (berdo’a kepada-Ku) akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina [Al-Mu’min/Ghafir/40: 60].


Read more https://almanhaj.or.id/8161-berdoalah-kepadaku-niscaya-aka-aku-kabulkan.html
Keinginan receh apakah itu ?

Oliv ketika umroh membeli tasbih hitam, oliv sangat suka dengan tasbih itu, sangat suka. Setiap hari Oliv gunakan tasbih itu, sampai pada suatu saat tasbih itu putus, huhu. Dan Oliv membuat status di whatsapp, yang berisi foto tasbih putus dan tulisan “ Ya Allah Oliv mau tasbih yang seperti ini lagi yang belinya di madinah, aamiin”

Sebulan kemudian...

Oliv mendapatkan tasbih yang sama persis dari Madinah, dibawakan oleh mba tini yang baru saja pulang umroh. Bukan hanya satu tasbih tapi 5 tasbih dari madinah. Dahsyat !

Padahal itu hanya status whatsapp, tapi Allah beri jalan, Alhamdulillah.
Alhamdulillah ketika membuat status whatsapp dan berdoa disitu dan banyak yang melihat status kita, berarti tanpa sengaja, sebanyak itu pula orang mendoakan dan mengaminkan doa kita. Dan doa orang lain itu sampai ke Allah tanpa perisai lo. Sedahsyat itu doanya orang lain. Kalau kita yang doa belum tentu langsung sampai ke Allah karena banyaknya dosa kita huuhuu. Makanya sangat penting untuk mendoakan dan didoakan orang lain.

Sesimple itu berdoa dan meminta kepada Allah. Allah itu emang maha baik ya. Status Whatsapp aja didengar apalagi kalau kamu berdoa di tahajud atau disolat-solat mu yang lain.

Bayangkan huaaa…

Alhamdulillah dengan keyakinan, usaha dan tawakal aku mendapat keajaiban besar pertamaku.  Keajaiban besar pertama aku adalah bisa mendaftar haji bersama orang tuaku, 

Alhamdulillah aku rasanya tidak sabar untuk segera mendapatkan keajaiban-keajaiban besar yang lain dari Allah.

Yakin yakin Allah itu maha baik, yakin Allah dengar, yakin guys. Karena MIRACLE ONLY HAPPENS FOR THOSE WHO BELIEVE IT ! Jadi please yakin sama Allah, wujudnya adalah dengan tidak berputus asa, tetap berusaha dan berdoa pada-Nya . Okey !

Oke segitu aja dulu curhatan kali ini. Salam sayang dari Oliv untuk kalian semua yang membaca ini. Oliv doakan kalian semua bahagia, sehat, bisa umroh dan ibadah haji segera, segera dipertemukan dengan jodoh terbaik, dikarunia putra putri yang soleh dan soleha, rejeki lancer dan berkah, amanah lunas, piutang dibayar, segala hajat tercapai aamiin

Sampai bertemu di tulisan selanjutnya. Salam Yang Muda Yang Menginspirasi.
Pssst buat yang kepo apa sih itu magnet rejeki ? cus tonton video ini

Share:

Gelaran Fashion Show “ Tatag Lanang ” Balikpapan by Samantha Project

Assalamualaikum, Sabtu, 16 November 2019 Oliv menghadiri undangan Gelaran Fashion Show “ Tatag Lanang ” mewakili Balikpapan Blogger bersama 2 teman Oliv yang lain.


 Nama Gelaran Fashion Show “ Tatag Lanang ”, pasti membuat beberapa dari kalian bertanya apa sih sebenarnya filosofi dibalik nama tersebut. Nah ini dia penjelasannya.

“Tatag” dalam Bahasa Jawa diartikan sebagai karakter pemberani, tidak memiliki rasa was-was. Orang yang “Tatag” akan selalu menuntaskan pekerjaan, meski dengan segala keterbatasan dan kesulitan. 

“Lanang” dalam Bahasa Jawaberarti laki-laki. Gelaran fashion show Sabtu 16 November 2019 oleh Samantha Project di Plaza Balikpapan mengambil
judul “
Tatag LanangAtha Nalurita, pendiri dan desainer Samantha Project menerangkan, Tatag Lanang ini seturut karakter baju-baju desainnya. 

Artinya ada sebuah kebebasan terkontrol dalam mengekspresikan gaya berpakaian tanpa
melupakan bagaimana kita ketika dilahirkan.
Tatag Lanang adalah gelaran fashion show tunggal pertama kali dari Samantha Project.

“Saya berani merealisasikan itu karena mendapat dukungan dari banyak pihak yang satu frekuensi pemikiran dan visi. Dan saya beruntung memiliki tim yang solid,” ujar Atha. Tidak mudah menggelar fashion show tunggal.
 

Tatag Lanang” tidak hanya sebatas gelaran fashion, ataupun ajang ekspresi Samantha Project. Tapi ini adalah kerja bareng, yang beranjak dari mimpi besar sekelompok anak muda, untuk ikut memberi warna fashion di Balikpapan












Koleksinya unik sekali, beberapa model bajunya dapat digunakan untuk wanita juga lo, tentunya kamu akan terlihat modis dan unik ketika memakainya, mau mendapatkan koleksinya cus langsung aja kepoin Instagramnya ya www.instagram.com/samanthaproject

Nah berikut outfit tenun batik yang Oliv gunakan untuk menghadiri fashion show kali ini, padu padan kali ini cocok untuk kamu yang ingin tetap tampil etnik namun dengan sedikit sentuhan gaya modern. Fashion batik tenun saat ini memang sedang naik daun, karena memang motifnya yang menarik, sangat etnik dan unik. 





Semoga padu padan batik tenun untuk wanita berhijab kali ini bisa bermanfaat untuk kalian. So see you soon on my next post yaa

Share:

DISKUSI 8 SEMESTER 8 JURUSAN S1 AKUNTANSI UNIVERSITAS TERBUKA



LIFE IS LIKE RIDING BYCYCLE. TO KEEP YOUR BALANCE, YOU MUST KEEP MOVING.

Assalamualaikum, berikut jawaban diskusi 8 UT s1 akuntansi, semoga bermanfaat

Akuntansi Keuangan Syariah II
Diskusikan siapa saja yang berhak menerima zakat .............
Assalamualaikum mohon ijin menyampaikan tanggapan atas diskusi kali ini

Berdasarkan modul yang saya baca pada hal 9.16-9.17 ada 8 golongan penerima zakat, yaitu:
a) faqir;
b) miskin;
c) amil;
d) muallaf;
e) riqab;
f) gharim;
g) sabilillah;
h) ibnu sabil.

Dijelaskan bahwa golongan orang yang berhak menerima zakat disebut mustahiq.
Hal ini secara rinci dijelaskan dalam Surat At Taubah: 60 sebagai berikut: “Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orangorang miskin, pengurus pengurus zakat, Para mu'allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha mengetahui lagi Maha Bijaksana”.

Rasyid, Sulaiman (1976: 209) menjelaskan bahwa menurut mazhab Syafi’I, masing-masing golongan tersebut dijelaskan sebagai berikut.

a. Fakir: orang yang amat sengsara hidupnya, tidak mempunyai harta dan tenaga untuk memenuhi penghidupannya atau usaha yang kurang dari seperdua kecukupannya, dan tidak ada orang yang berkewajiban memberi belanjanya.

b. Miskin: orang yang tidak cukup penghidupannya dan dalam keadaan kekurangan atau orang mempunyai harta atau usaha sebanyak seperdua kecukupannya atau lebih, tetapi tidak sampai mencukupi. Yang dimaksud dengan kecukupan, cukup menurut umur biasa 62 tahun, maka yang mencukupi dalam masa tersebut dinamakan “kaya”, tidak boleh diberi zakat, ini dinamakan kaya dengan harta. Adapun kaya denga usaha, seperti orang yang mempunyai penghasilan tertentu tiap-tiap hari atau tiap bulan, maka kecukupannya dihitung setiap hari atau setiap bulan. Apabila pada suatu hari penghasilan tidak mencukupi, hari itu dia boleh menerima zakat. Adanya rumah yang didiami, perkakas rumah tangga, pakaian, dan lain-lain yang perlu dipakai setiap hari tidak dihitung sebagai kekayaan, berarti tidak menghalanginya dari keadaan yang tergolong fakir atau miskin.

c. Amil (pengurus zakat): orang yang diberi tugas untuk mengumpulkan dan membagikan zakat atau semua orang yang bekerja mengurus zakat sedang dia tidak mendapat upah selain dari zakat.

d. Muallaf: orang kafir yang ada harapan masuk Islam dan orang yang baru masuk Islam yang imannya masih lemah atau menurut Syafi’I dikategorikan menjadi empat macam antara lain: 1) orang yang baru masuk Islam sedang imannya belum teguh 2) orang Islam yang berpengaruh dalam kaumnya, dan kita berpengharapan, kalau dia diberi zakat, orang lain dari kaumnya akan masuk Islam. 3) orang Islam yang berpengaruh terhadap kafir dan kalau dia diberi zakat maka kita terpelihara dari kejahatan kafir yang di bawah pengaruhnya

e. orang yang menolak kejahatan orang anti zakat.

f. Riqab (memerdekakan budak): mencakup juga untuk melepaskan Muslim yang ditawan oleh orang-orang kafir atau hamba yang dijanjikan oleh tuannya bahwa dia boleh menebus dirinya, hamba itu diberi zakat sekedar untuk penebus dirinya.

g. Gharim (orang berutang): orang yang berutang karena untuk kepentingan yang bukan maksiat dan tidak sanggup membayarnya. Adapun orang yang berutang untuk memelihara persatuan umat Islam dibayar utangnya itu dengan zakat, walaupun ia mampu membayarnya.

h. Sabilillah (berjuang di jalan Allah): Yaitu untuk keperluan pertahanan Islam dan kaum muslimin. di antara mufasirin ada yang berpendapat bahwa fisabilillah itu mencakup juga kepentingan-kepentingan umum seperti mendirikan sekolah, rumah sakit dan lain-lain.

i. Ibnu Sabil/Musafir: orang yang sedang dalam perjalanan yang bukan maksiat mengalami kesengsaraan dalam perjalanannya.

Delapan golongan penerima zakat tidak harus sama persis dalam menerima bagian. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses penyaluran dan pendayagunaan dana zakat antara lain:

1.amil zakat perlu memprioritaskan penyaluran dan pendayagunaan dana zakat di sekitar domisili
OPZ 

2.amil zakat perlu mengidentifikasi kondisi lingkungan dan permasalahan sosial di sekitar domisili OPZ 

3.amil zakat perlu mendahulukan kebutuhan konsumtif mustahiq dibandingkan sektor produktif.
sumber modul akuntansi keuangan syariah II hal 9.16-9.17



Audit manajemen 02

Soal diskusi 8:
Carilah contoh-contoh kecurangan dalam perusahaan dimedia masa dan identifikasilah apa penyebabnya dan cara penyelesaian kasusnya (lengkapi dengan link berita/kasusnya).
-Keep spirit-

Jawaban

Eksekutif di Phar Mor secara sengaja melakukan fraud untuk mendapatkan keuntungan financial yang masuk ke saku pribadi individu di jajaran top manajemen perusahaan.
Phar Mor Inc, termasuk perusahaan retail terbesar di Amerika Serikat yang dinyatakan bangkrut pada bulan Agustus 1992 berdasarkan undang-undangan U.S. Bangkruptcy Code. Pada masa puncak kejayaannya, Phar Mor mempunyai 300 outlet besar di hampir seluruh negara bagian dan memperkerjakan 23,000 orang karyawan. Produk yang dijual sangat bervariasi, dari obat-obatan, furniture, electronik, pakaian olah raga hingga videotape. Dalam melakukan fraud, top manajemen Phar Mor membuat 2 laporan ganda. Satu laporan inventory, sedangkan laporan lain adalah laporan bulanan keuangan (monthly financial report). Satu set laporan inventory berisi laporan inventory yang benar (true report), sedangkan satu set laporan lainnya berisi informasi tentang inventory yang di adjustment dan ditujukan untuk auditor use only.

Demikian juga dengan laporan bulanan keuangan, laporan keuangan yang benar – berisi tentang kerugian yang diderita oleh perusahaan, ditujukan hanya untuk jajaran eksekutif. Laporan lainnya adalah laporan yang telah dimanipulasi sehingga seolah-olah perusahaan mendapat keuntungan yang berlimpah.

Dalam mempersiapkan laporan-laporan tersebut, manajemen Phar Mor sengaja merekrut staf dari Kantor Akuntan Publik (KAP) Cooper & Lybrand. Staf-staf tersebut yang kemudian dipromosikan menjadi Vice President bidang financial dan kontroler, yang dikemudian hari ternyata terbukti turut terlibat aktif dalam fraud tersebut.

Berdasarkan kasus tersebut diatas

Phar Mor telah membuktikan tentang teori : The Fraud Triangle. Yaitu teori yang menerangkan tentang penyebab fraud terjadi. Menurut teori ini, penyebab fraud terjadi akibat 3 hal : Insentive/Pressure, Opportunity dan Rationalization/ Attitude.
Insentive/Pressure adalah ketika manajemen atau karyawan mendapat insentive atau justru mendapat tekanan (presure) sehingga mereka “commited” untuk melakukan fraud. Opportunity adalah peluang terjadinya fraud akibat lemahnya atau tidak efektifnya kontrol sehingga membuka peluang terjadinya fraud. Sedangkan rationalization/ attitude menjelaskan teori yang menyatakan bahwa fraudterjadi karena kondisi nilai-nilai etika lokal yang membolehkan terjadinya fraud. Dalam kasus Phar Mor, setidak-tidaknya top manajemen telah membuktikan satu dari tiga penyusun triangle, yaitu : top manajemen telah melakukan Insentive/Pressure.

Dari kasus yang dipaparkan dapat dikemukakan bahwa dengan dilakukannya audit investigatif, segala bukti kecurangan yang ditemukan dijadikan pedoman atau alat bukti dalam pemeriksaaan di pengalidan. Phar Mor Inc sendiri telah dinyatakan bangkrut pada bulan Agustus 1992 berdasarkan undang-undangan U.S. Bangkruptcy Code.

https://www.kompasiana.com/nlk/58b92ca23493737310b31e88/kasus-kecurangan-audit-phar-mor-inc?page=2
https://nasional.kompas.com/read/2017/10/27/08181131/kasus-kecurangan-produksi-beras-pt-jatisari-segera-masuk-persidangan



Bisnis Internasional
Iklim investasi yang kondusif sangat penting bagi berlangsungnya pertumbuhan ekonomi yang tinggi. 

Coba saudara jelaskan jenis investasi luar negeri yang ada di negara kita  beserta contoh-contohnya.

Jawaban
Investasi luar negeri atau sering disebut investasi asing dapat dibagi menjadi dua komponen.

Pertama, investasi portofolio atau investasi tidak langsung. Investasi ini merupakan pembelian saham-saham dan obligasi oleh investor dan semata-mata untuk tujuan memperoleh laba atas dana yang ditanamkan. Di Indonesia total aliran modal asing lewat investasi portofolio dari awal tahun hingga 24 Januari 2019 ini (year to date) telah mencapai Rp 19,2 triliun. Rp 12,07 triliun di antaranya masuk ke pasar saham, dan sisanya masuk lewat Surat Berharga Negara (SBN) pemerintah dan obligasi korporasi.

Kedua, investasi langsung, yaitu investor berpartisipasi dalam manajemen perusahaan, selain menerima laba atas uang mereka.
Contoh
1.      Infrastruktur. Indonesia mencatat FDI (investasi langsung)  sebanyak Rp 175,3 triliun pada 2011, naik 18 persen dari tahun sebelumnya. Jumlah FDI mencapai Rp 107,6 triliun setengah tahun ini.
2.      Foxconn Technology Group, pemasok utama Apple Inc , akan berinvestasi sebesar $10 miliar di Indonesia dalam lima sampai 10 tahun ke depan, menurut pemerintah. Lebih dari 50 persen produk domestik bruto di Indonesia adalah untuk konsumsi domestik, didukung oleh pertumbuhan kelas menengah dan suku bunga rendah.

Source :
Modul bisnis internasional




Manajemen Resiko dan Asuransi

DISKUSIKAN

Alinea keempat Pembukaan UUD 1945 mengandung pengertian yang sangat dalam, terutama yang berbunyi '...melindungi segenap bangsa Indonesia...' yang demikian seluruh warga negara Indonesia tanpa kecuali, apakah berstatus sebagai anggota TNI/ POLRI, Aparatul Sipil Negara, pegawai-pegawai lainnya dan bahkan yang tidak memiliki status kepegawaian sekalipun harus mendapat perlakuan dalam arti mendapat perlindungan yang sama. Dengan demikian apabila seorang warga bangsa yang memiliki status aparatur sipil negara mendapat jaminan asuransi untuk hari tua, seyogyanya untuk seorang petani pun harus mendapatkan jaminan asuransi untuk hari tua yang sama pula.

Bagaimana menurut pendapat Saudara ?

Jawaban
'...melindungi segenap bangsa Indonesia...' Alinea ini bisa di katakan mengandung pengertian adanya keinginan untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia
Keinginan tersebut telah pemerintah wujudkan melalui hal tersebut dibawah ini

Pada tanggal 30 Juni 2015, pemerintah Republik Indonesia menerbitkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 46 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Hari Tua (“PP No. 46/2015”). PP No. 46/2015 merupakan peraturan pelaksanaan dari Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (“UU No. 40/2004”). Jaminan Hari Tua adalah manfaat uang tunai yang dibayarkan sekaligus pada saat peserta memasuki usia pensiun, meninggal dunia, atau mengalami cacat total tetap (“JHT”).

Setiap pemberi kerja selain penyelenggara negara (“Pemberi Kerja”) wajib mendaftarkan dirinya dan pekerjanya dalam program JHT kepada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (“BPJS Ketenagakerjaan”), sesuai penahapan kepesertaan.

Dan setiap orang yang bekerja juga wajib mendaftarkan dirinya dalam program JHT kepada BPJS Ketenagakerjaan sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan.

Manfaat JHT adalah uang tunai yang dibayarkan secara sekaligus apabila Peserta berusia 56 (lima puluh enam) tahun, meninggal dunia, mengalami cacat total tetap, atau meninggalkan Indonesia untuk selama-lamanya. Manfaat JHT yang akan dibayar adalah sebesar nilai akumulasi seluruh iuran JHT yang telah disetor ditambah hasil pengembangannya yang tercatat dalam rekening perorangan peserta. Selain itu, manfaat JHT lain yang dapat diterima oleh peserta adalah layanan tambahan berupa fasilitas pembiayaan perumahan dan/atau manfaat lain, yang akan diatur lebih lanjut dalam peraturan menteri.

Sehingga menurut pendapat saya pemerintah sudah berusaha melakukan sesuai yang diamanatkan oleh undang-undang untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dalam kaitannya dengan memberikan jaminan hari tua untuk seluruh rakyat indonesia, tentunya memang masih jauh dari sempurna, namun meningat dengan segala keterbatasan APBN Negara Indonesia. Saya rasa program BPJS Ketenagakerjaan untuk masyarakat yang berprofesi selain menjadi ASN adalah solusi terbaik agar semua rakyat dapat menikmati jaminan hari tua.

Terimakasih

Source



Manajemen Strategik

Bagaimana menjaga supaya perusahaan tetap dalam kondisi bisa menjaga keunggulan biaya.

Jawaban

Untuk menerapkan strategi keunggulan biaya, perusahaan dituntut menguasai pangsa pasar yang relatif besar dan memiliki keunggulan bersaing pada efisiensi biaya, yang terjadi misalnya sebagai akibat dari besarnya skala ekonomi, ragam produk yang dihasilkan, keunggulan proses produksi, dan penguasaan bahan mentah.

Perusahaan juga dituntut mampu menciptakan desain barang yang sederhana dan mudah dikerjakan, yang biasanya hanya meliputi inti barang (core product) dan pokok barang (generic product), tanpa berlebihan memberikan perhatian pada karakteristik barang pada tingkatan (level) yang lebih tinggi.

Perusahaan juga disyaratkan memiliki kesediaan untuk menanamkan modal yang cukup yang digunakan untuk membangun penguasaan pangsa pasar (start-up losses).

Di samping persyaratan sumber dana, perusahaan juga dituntut memiliki persyaratan organisasional yang ketat. Perusahaan harus mampu membangun struktur organisasi yang berjenjang yang menggambarkan pembagian tugas dan tanggung jawab secara jelas.
Perusahaan juga harus mampu menerapkan proses pengawasan, khususnya pengawasan biaya, dengan amat ketat.



Akuntansi Keuangan Lanjutan II

Soal dan Jawaban Diskusi 8 :
  1. Menurut pendapat Saudara, bagaimana perlakuan yang akan dilakukan oleh venturer terhadap kontribusi jasa kepada ventura bersama?
Kontribusi awal di dalam ventura bersama dapat juga dilakukan dengan pemberian jasa kepada ventura bersama. Venturer yang akan berkontribusi dalam bentuk pemberian jasa, akan menimbulkan kewajiban dalam ventura bersama, yaitu kewajiban untuk memberikan jasa yang dibutuhkan oleh ventura bersama. Dalam memberikan jasa kepada venturer lainnya, venturer dapat mengakui untung terhadap jasa yang diberikannya. Namun, bila jasa yang diberikan kepada venturer itu sendiri harus diakui pada kosnya, tidak ada untung yang diakui. Ventura bersama akan mencatat jasa yang diberikan oleh venturer pada nilai wajarnya, dan mengapitalisasi biaya jasa tersebut saat jasa tersebut digunakan dalam memproduksi barang dalam proses dan sediaan. Biaya jasa tersebut akan menjadi bagian dari kos barang dalam proses dan sediaan.
  1. Buatlah jurnal atas transaki yang baru terjadi pada Ventura Berasama atas bergabungnya PT. Aini dengan PT. Zaidan di Bulan April 2019 dengan pembagian rasio 50:50
    1. Kontribusi awal yang diberikan oleh PT. Aini kepada Ventura bersama yang baru dibangun pada tanggal 1 April 2019 sebesar Rp. 500.000.000
1 Apr
Kas – VB                    500.000.000 
Kas                                          500.000.000
2.      Ventura membeli peralatan seharga Rp. 50.000.000 secara tunai tanggal 2 April 2019
PT. Aini
2 Apr
Peralatan-VB              25.000.000
            Kas -VB                      25.000.000



PT. Zaidan
2 Apr
Peralatan-VB              25.000.000
Kas-VB                       25.000.000

    1. Membayar Gaji kepada karyawan sebesar Rp. 25.000.000 pada tanggal 5 April 2019
PT. Aini
5 Apr
Biaya Gaji-VB                        12.500.000
Kas-VB                                   12.500.000

PT. Zaidan
5 Apr
Biaya Gaji-VB                        12.500.000
Kas-VB                                   12.500.000
    1. Pembelian bahan baku kepada PT. Mia sebesar Rp. 60.000.000 pada tanggal 7 April 2019 secara tempo yang harus dibayar pada tanggal 14 April 2019
PT. Aini
7 Apr
Bahan Mentah-VB                30.000.000
Utang Usaha-VB                                30.000.000

PT. Zaidan
7 Apr
Bahan Mentah-VB                30.000.000
Utang Usaha-VB                                30.000.000

    1. 14 April 2019. PT. Aini melakukan pembayaran atas utang bahan baku yang dibeli pada PT. Mia tertanggal 7 April 2019
PT. Aini
14 Apr
Utang Usaha-VB                   30.000.000
Kas-VB                                   30.000.000
Share: