Cara alih kredit dari D-III STAN ke S1 Universitas Terbuka OTOMATIS !!

Halo Assalamualaikum semua, postingan kali ini bukan tentang beauty ya, postingan kali ini adalah tentang tata cara pendaftaran universitas terbuka bagi para alumni STAN khususnya bagi yang mau mengajukan alih kredit. Semua cerita ini adalah berdasarkan pengalaman pribadi, so I will make it short.



INTRO CURHAT SILAHKAN DI SKIP KALAU GA SUKA ~
Jadi halo perkenalkan aku Oliv , ketika kuliah di STAN aku mengambil jurusan D-III perpajakan, dan sebagai lulusan D-III kita pasti berharap akan lulus D-IV STAN, kebetulan 2 bulan setelah aku melahirkan dibukalah kesempatan untuk mengikuti tes D-IV STAN, dan itulah pertama kali aku ikut tes tanpa persiapan huhu, karena repot banget mengurus bayi #itsnotanexcuseIknow, aku ga lolos, yaiyalah ga belajar ngarep lulus, actually itu salah satu part tersedih dalam hidup ceilah. Patah hati sama D-IV STAN, akhirnya aku beralih menempatkan hati ku ke Universitas Terbuka. Jujur aku suka banget sama kegiatan baca buku, mengajar, dan ya kegiatan semacam itulah. Jadi aku seneng banget bisa lanjut kesini, walau banyak yang bilang ga bonafit, ga terjamin, dan ga bisa langsung naik pangkat. Actually, aku kuliah bukan untuk mengejar naik pangkat, aku kuliah lagi murni karena aku suka… It might be so stressfull sometimes because I am a working mom, but It’s okay because I like it and I will try my best. Banyak yang bilang udah deh gausah serius-serius amat UT doang ini, but I can’t, kalau sudah menaruh hati pada suatu hal, ya aku bakal serius berjuang #hahaa , termasuk dalam hubungan, tapi kalau sudah berjuang tapi ga bisa lagi diperjuangkan yaudah deh I will leave. Kalau kalian kepo ini cerita tentang apa, I will make a long clarification about that on my next post.

Aku mengambil jurusan S1 AKUNTANSI SIPAS NON TTM (TATAP MUKA)

Lanjut this is the point jadi yang perlu kalian persiapkan adalah

DOWNLOAD PETUNJUK REGISTRASI UT (klik untuk download)

1. Bagi kalian DJP-ers seperti aku hal yang pertama harus dilakukan adalah mendapatkan surat Ijin kuliah dari eselon II di unit kalian masing-masing. Formulirnya bisa diminta ke bagian  kepegawaian masing-masing kantor.
Setelah surat permohonan izin belajar telah dikirim oleh pihak kepegawaian, jangan lupa input permohonan ijin kalian ke SIKKA (yang selain DJP abaikan aja ini ya ) di menu layanan mandiri, izin belajar . Jika sudah, kalian tinggal menunggu surat ijin terbit. Setelah kita mengetahui tanggal surat ijin belajar kita, barulah kita bisa mendaftar ke universitas terbuka.

2. Pendaftaran Universitas Terbuka bisa melalui dua jalur, yaitu via online atau langsung.

3. Seperti aku yang berdomisili di kota yang berbeda dengan Unit UPBJJ UNIVERSITAS TERBUKA yang ada, aku memilih jalur online.


4. Pastikan kalian telah memiliki ijazah terakhir dan transkrip nilai yang sudah dilegalisir ya.

5. Siapkan fotokopi KTP dan foto 4x6 dan 3x4 hitam putih minimal 4 lembar masing-masingnya, dan 1 materai 6000.
Download formulir yang kalian perlukan di https://www.ut.ac.id/formulir . Yang perlu di download adalah surat pernyataan keabsahan dokumen, formulir tanda tangan, dan data pribadi mahasiwa.

6. Kemudian masuk ke http://sro.ut.ac.id .

7. Pilih fakultas yang kalian inginkan dan kalian akan diarahkan ke halaman ini, nah jika sudah masuk dan belum pernah sama sekali memiliki akun UT pilih register calon mahasiswa UT, dan ikuti langkah-langkah selanjutnya hingga kamu memiliki akun.


8. Setelah memiliki akun, masuk ke menu aktivasi dan login, masukkan email, password juga captcha yang benar dan kamu akan diarahkan ke halaman ini.


9. Nah kalian tinggal isi data pribadi kalian sesuai petunjuk,petunjuk bisa didownload diwebsite UT atau kalian bisa download disini.
Ini dia cara alih kredit otomatisnya cek baca baik baik ya
Yang paling penting disini adalah ketika kalian mengisi jenis layanan point ke 16 diisian data pribadi.



 Bagi kalian yang tidak ingin repot mengurus alih kredit (ekstensi) dari D-III STAN menuju S-1 Universitas Terbuka, kalian bisa memilih paket SIPAS diisian jenis layanan.

Apa itu Sipas ?
SIPAS adalah singkatan dari sistem paket semester, jadi mata kuliah yang diambil per semesternya telah ditentukan oleh Universitas Terbuka, dan di paket ini harga sudah termasuk BUKU, jadi kita sudah ga perlu repot mencari bahan referensi lagi. Keuntungan lainnya adalah alih kredit/ekstensi kita sudah otomatis.

Kenapa paket SIPAS (sistem paket semester)? Berdasarkan pengalaman pribadi aku, dengan memilih paket sipas ketika daftar pertama kali kita langsung masuk ke semester 6, jadi kita tinggal menjalani perkuliahan semester 6,7,8 , tanpa perlu repot mengurus alih kredit secara manual. Ini berlaku bagi semua lulusan D-III di STAN yang jurusannya relevan dengan jurusan S1 yang diambil. Jadi s1 manajemen atau S1 akuntansi sama aja ya kalo dari dIII STAN jurusan relevan langsung masuk semester 6. Berikut   tabelnya



Kalo Non Sipas memang ga bisa ekstensi ? Jawabannya tentu bisa, tetapi ketika pertama kali daftar, kita tidak langsung otomatis masuk ke semester 6 , kita harus menjalani perkuliahan dulu kemudian baru bisa mengurus alih kredit / ekstensi secara manual, yang aku sendiri kurang tau bagaimana proses alih kredit manual , setahu aku hingga saat ini, masih ada beberapa tahap dan persyaratan lagi untuk mengurus alih kredit manual ini. Dan memang harga dari paket non sipas lebih murah dibandingkan paket sipas , karena di paket non sipas ini tidak wajib membeli buku.

Berapa sih harga dari paket sipas dan non sipas ?
Ini adalah data tahun 2018 bulan agustus ya, untuk paket SIPAS  jurusan S1 Akuntansi lengkap dengan BUKU dan ALIH KREDIT Otomatis , per semester nya adalah Rp. 1.300.000, sedangkan untuk paket Non sipas adalah sekitar 36.000 per sks, belum termasuk buku, dan tentu alih kredit tidak otomatis.

 10. Jika kalian sudah mengisi data pribadi, maka kalian akan mendapatkan email seperti ini



11. Nah kalian bisa mengirimkan berkas2 yang perlu dikirim seperti ( data prbadi, foto 3x4 dan 4x6 hitam putih, transkrip ijazah yang sudah dilegalisir, ijazah yang sudah dilegalisir,Surat pernyataan keabsahan dokumen, fotokopi KTP, dan formulir tanda tangan) ke UPBJJ Universitas terbuka via pos, atau mengantarkannya langsung agar proses validasi lebih cepat.

12. Jika berkas kalian telah tiba dan sesuai dengan data pribadi yang kalian input, maka petugas UT akan memvalidasi ID kalian dan kalian akan menerima email seperti ini.


13. Selanjutnya kalian tinggal melakukan proses pembayaran, aku melakukan proses pembayaran senilai Rp. 1.300.000 melalui internet banking mandiri. Caranya tinggal masuk ke menu internet banking pilih bayar , pendidikan, pilih universitas terbuka dan masukkan kode billing.

14. Nah jika sudah membayar dan validasi udah deh tinggal menjalani jadwal perkuliahan seperti gambar dibawah ini.



Nah sekian penjelasan aku mengenai proses alih kredit dari DIII STAN ke S1 uiversitas terbuka, semoga bermanfaat, oia kalau ada pertanyaan silahkan comment dibawah ya ~~

DISCLAIMER  : INI SEMUA ADALAH BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI AKU YA, JIKA ADA PERBEDAAN PENERAPAN PERATURAN DI UPBJJ MASING-MASING, ITU SUDAH DI LUAR KUASA AKU YAA, I JUST SHARING INFORMATION THAT I KNOW , THANKYOU :)



Share:

28 comments:

  1. Mbak s1nya manajemen apa akun mba? Itu langsung masuk semester 6 ya?

    ReplyDelete
  2. Sayang bgt, udh terlanjur saya daftar yg non sipas..repot lg alih kredit..

    ReplyDelete
  3. Apakah s1 manajemen juga bisa langsung semester 6? Caranya pindah non sipas ke sipas gimana ya? Mumpung belum pilih MTK

    ReplyDelete
    Replies
    1. Caranya bisa telpon pihak UT nya , saya kurang paham tentang itu soalnya๐Ÿ˜€

      Delete
    2. S1 akuntansi atau S1 manajemen sama aja bisa langsung semester 6 asal jurusan dIIInya relevan

      Delete
  4. jenis layanannya pilih sipas online atau sipas non TTM ya kak?

    ReplyDelete
  5. izin tanya mba, kalau buat tabel jurusan DIII yg relevan itu, lengkapnya bisa dilihat dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dapet dari UT Samarinda tapi cuma buat difoto aja ga dikasih hard copynya

      Delete
  6. Alih kredit kurang lebih cuma nunggu 3 bulan. Pilih mata kuliah yg sama dengan senior (yg dari jurusan asal dan jurusan yg diambil sama),kalo non sipas untungnya bisa pilih sendiri dan bisa difull in 24 sks jd nanti jatuhnya sama aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syarat alih kredit manual apa ya ? Boleh dong di share disini biar temen2 yang ambil non sipas bisa tau ? Makasih ajengg

      Delete
    2. Pernah nemu form syaratnya ribet banget,aku pake punya senior akun (udah berhasil alih kredit dia) : legalisir ijaza,legalisir transkrip sama fotokopi ktm ut dikirim ke ut pusat (alamat bisa gugling).

      Delete
  7. Untuk yg sipas dapat mata kuliah apa aja di smt 6? Kemarin terlanjur daftar yg non sipas dan bingung milih mata kuliahnya ๐Ÿ˜…

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa langsung email ya mas ,biar saya kirim nama2 mata kuliahnya ..via foto

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. aku udah terlanjur pilih non sipas, bisa tolong email nama nama mata kuliah nya yg bisa dialih kreditkan? lukmanulf21@gmail.com

      Delete
    4. Boleh dong mba oliv, minta daftar mata kuliah utk smt 6nya email ke berbagimusik93@gmail.com makasih mba oliv salam djp'ers :)

      Delete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Kak, mau tanya, aku jg kebetulan djp'ers yg mau kuliah di UT. Itu apa bneran infonya valid kalo ambil SIPAS kita ga perlu repot2 alih kredit lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat ini saya sudah menjalani perkuliahan dan langsung semester 6, jika kurang yakin bisa ditanyakan langsung ke UT regional wilayah kamu ya ,karena kebijakan tiap2 regional sepertinya berbeda.

      Delete
  10. Mba, saya juga dari D3 Ak Poltek lanjut ke UT S1 Ak thn 2018, SIPAS Non TTM masuk semester 6, ada yg blng harus urus alih kredit ada yg blng tdk perlu jd bingung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Better, ditanyakan langsung ke UT nya ya ,kalau di regional saya ,sudah saya tanyakan tidak usah alih kredit, kebijakan tiap regional kemungkinan berbeda-beda ๐Ÿ˜

      Delete
  11. mba, mau nanya, mba lulusan STAN tahun brp ya? Ijazahnya udh dikasih dari kampus? saya lulusan DIII pajak 2016, apakah bisa alih kredit? soalnya belum dapet ijazah dari kampus makasih

    ReplyDelete
  12. udah terlanjur ambil yang non sipas.. mana ribet banget urus alihkreditnya sampai disuruh minta tanda tangan direktur STAN di deskripsi mata kuliah. hedeeh..

    Boleh minta daftar mata kuliah dari semester 6 nya mba?
    kirim ke miftahfauzan.efendi@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Izin bantu jawab ya. Ya gpp mas non sipas, saya juga ambil non sipas kok. Sekrg uda mau lulus insyaAlloh dg 3 smt juga. Alih kreditnya pake sistem blok kalo dr stan, cuma pake selembar surat dan transkrip nilai. Gausa pake deskripsi matkul. Legalisir transkrip juga cukup dr kasuki aja ga perlu direktur stan. Trus alih kreditnya bisa diemail, ga perlu ribet. Tunggu 3 bulan alih kreditnya dikirim ke kantor. Baca buku panduan ut nya, InsyaAlloh semua mudah. Salam.

      Delete