Teori ekonomi mikro tugas 5



Jelaskan bagaimana upaya peningkatan produktivitas tenaga kerja?
Menurut Modul ESPA4221/MODUL 6 sebagai sumber materi, Berbagai upaya dalam meningkatkan produktivitas tenaga kerja adalah sebagai berikut:
Kemajuan teknologi produksi,
Kemajuan dalam teknologi produksi dapat menggantikan tenaga manusia dan binatang dengan tenaga mesin. Pada kegiatan ekonomi yang belum maju, misalnya pada pengolahan tanah, para petani biasanya menggunakan tenaga kerbau untuk membajak sawahnya. Dengan kemajuan teknologi maka pembajakan sawah dapat menggunakan tenaga mesin yaitu traktor. Untuk transportasi barang, misalnya kereta yang ditarik oleh lembu, dengan adanya kemajuan teknologi dapat menggunakan kereta yang ditarik dengan lokomotif. Dengan adanya kemajuan dalam teknologi produksi, maka produktivitas dapat ditingkatkan. Selain itu, komputer juga merupakan alat bantu yang sangat penting untuk mendukung peningkatan produktivitas pekerja di dalam perusahaan

Perbaikan sifat-sifat tenaga kerja,
Kemajuan ekonomi secara tidak langsung dapat meningkatkan taraf kesehatan, taraf pendidikan, dan menambah pelatihan teknik serta menambah pengalaman dalam bekerja. Faktor-faktor tersebut berperan besar dalam meningkatkan produktivitas tenaga kerja. Berdasarkan efek dari perbaikan taraf kesehatan, pendidikan dan keterampilan terhadap kegiatan produksi maka pengeluaran yang dilakukan oleh pemerintah dalam bidang tersebut dinamakan ”investasi terhadap modal manusia.”

Perbaikan organisasi perusahaan dan masyarakat
Pada perekonomian yang mengalami kemajuan, bentuk manajemen perusahaan juga mengalami perubahan. Jika pada mulanya pemilik perusahaan juga merupakan pemimpin perusahaan, maka dengan semakin majunya perekonomian, semakin banyak perusahaan yang diserahkan kepada manajemen profesional. Dengan perubahan tersebut maka organisasi perusahaan juga diperbaiki dan diselenggarakan menurut cara-cara manajemen yang modern. Langkah yang seperti ini yang dapat meningkatkan produktivitas.
Produktivitas dapat semakin meningkat sebagai akibat dari langkah-langkah pemerintah yang memperbaiki infrastruktur, misalnya dengan memperbaiki jaringan jalan raya; peraturan yang menyederhanakan pendirian usaha dan ekspor, misalnya memberi sumbangan yang penting terhadap peningkatan efisiensi dan produktivitas kegiatan usaha.

Jelaskan yang dimaksud dengan kegagalan pasar serta penyebab terjadinya kegagalan pasar?
Menurut pendapat saya setelah membaca modul Teori Ekonomi Mikro yang diberikan ataupun referensi lainnya,
Kegagalan pasar adalah situasi kedua di mana interferensi pemerintah dapat memperbaiki hasil dari fungsi bebas pasar kompetitif. Kegagalan pasar terjadi ketika harga gagal untuk menyediakan sinyal yang tepat bagi konsumen dan produsen sehingga pasar tidak berjalan sebagaimana yang diinginkan.

Contohnya, kegagalan pasar dapat terjadi ketika konsumen kekurangan informasi mengenai kualitas atau produk alami sehingga konsumen tidak bisa membuat keputusan pembelian maksimisasi kegunaan. Tanpa eksternalitas atau kegagalan pasar, sebuah pasar kompetitif yang tidak diatur akan mempengaruhi tingkat output efisiensi ekonomi. Penyebab kegagalan pasar diantaranya:
persaingan yang tidak sempurna,
Praktek Monopoli dan oligopoli
ketidakpastian dan informasi asimetrs,
Campur Tangan Pemerintah
eksternalitas, dan
sifat barang publik.

Jelaskan bagaimana gabungan faktor produksi yang dapat meminimalkan biaya?

Misalnya, dua faktor produksi yang digunakan oleh suatu perusahaan adalah modal dan tenaga kerja.
MPPC = Produksi fisik marjinal dari MODAL
MPPL = Produksi fisik marjinal dari TENAGA KERJA

Seandainya harga satu unit modal sama dengan harga satu unit tenaga kerja, yaitu sebesar Rp20.000,00 apakah syarat untuk meminimalkan biaya produksi?

Syaratnya adalah masing-masing faktor produksi harus digunakan sehingga mencapai tingkat di mana MPPC = MPPL.
Artinya, pada saat MPPC > MPPL maka lebih banyak barang modal yang harus digunakan, dan apabila MPPC < MPPL maka lebih banyak tenaga kerja yang harus digunakan; dan proses tersebut harus terus berlangsung sehingga keadaan di mana MPPC = MPPL terwujud.

Jarang sekali terjadi di mana harga faktor-faktor produksi adalah sama. Jika harga faktor-faktor produksi berbeda maka syarat yang dinyatakan di atas perlu disesuaikan. Bagaimanakah syarat untuk mencapai peminimalan biaya? Syaratnya adalah penggunaan faktor-faktor produksi akan meminimalkan biaya apabila setiap rupiah yang dibayarkan untuk faktor produksi menghasilkan produksi fisik marjinal yang sama besarnya.
Produksi fisik marjinal dari modal dan tenaga kerja untuk setiap rupiah adalah:
MPP per rupiah dari modal =
MPP per rupiah dari tenaga kerja =

Keterangan:
PC = harga per unit modal
PL = harga per unit tenaga kerja

Karena menurut syarat peminimalan biaya di atas yang dinyatakan dalam (1) harus sama dengan (2) maka syarat peminimalan biaya dengan menggunakan dua faktor produksi yang berbeda harganya adalah:



Apabila  lebih besar daripada  maka perusahaan perlu untuk menambahkan penggunaan modal dan mengurangi penggunaan tenaga kerja untuk meminimalkan biaya. Tetapi, bila  lebih kecil daripada  , biaya akan diminimalkan apabila penggunaan modal dikurangi dan penggunaan tenaga kerja ditambah.

Jelaskan keadaan permintaan dan penawaran tenaga kerja dalam pasar persaingan sempurna?
Pasar persaingan sempurna pada pasar tenaga kerja berarti bahwa terdapat banyak perusahaan yang memerlukan tenaga kerja, dan tenaga kerja tidak bersatu dalam serikat-serikat buruh yang nantinya akan menjadi wakil mereka dalam menawarkan tenaganya. Dalam pasar tenaga kerja persaingan sempurna sifat-sifat permintaan dan penawaran tidak berbeda dengan sifatsifat permintaan dan penawaran di pasar barang.

Gambar Keadaan Permintaan dan Penawaran Tenaga Kerja  dalam Pasar Persaingan Sempurna:

kurva DD = MRP merupakan kurva permintaan terhadap tenaga kerja, sedangkan kurva SS merupakan kurva penawaran terhadap tenaga kerja. Pada titik E dicapai ekuilibrium antara jumlah tenaga kerja yang digunakan (L) dan tingkat upah (W).
Kurva permintaan terhadap tenaga kerja sama dengan kurva permintaan terhadap barang, yaitu menurun dari kiri atas ke kanan bawah. Hal tersebut berarti bahwa semakin tinggi upah tenaga kerja yang diminta maka akan semakin sedikit permintaan terhadap tenaga kerja. Sebaliknya, semakin sedikit upah yang diminta tenaga kerja maka akan semakin banyak permintaan terhadap tenaga kerja tersebut.
Kurva penawaran tenaga kerja, seperti juga kurva penawaran terhadap barang, yaitu naik dari kiri bawah ke kanan atas, hal itu berarti bahwa: semakin tinggi upah yang ditawarkan maka akan semakin banyak tenaga kerja yang bersedia menawarkan tenaganya. Begitu juga sebaliknya, semakin rendah upah yang ditawarkan maka akan semakin sedikit pula tenaga kerja yang mau menawarkan tenaganya.

Berikut ini merupakan Keadaan Suatu Perusahaan Mengenai Permintaan dan Penawaran Tenaga Kerja dalam Pasar Persaingan Sempurna:

menunjukkan permintaan dan penawaran tenaga kerja pada suatu perusahaan. Karena sifat pasar adalah persaingan sempurna maka perusahaan tidak dapat mempengaruhi tingkat upah. Hal ini berarti bahwa perusahaan harus membayar upah sebesar W kepada para pekerja yang dipekerjakan, dan pada tingkat upah tersebut perusahaan dapat memperoleh semua tenaga kerja yang diperlukan. Maka kurva S = MRC merupakan kurva penawaran kerja kepada perusahaan tersebut. Kurva d = mrp menggambarkan permintaan tenaga kerja oleh perusahaan. Titik e merupakan ekuilibrium yang dicapai berdasarkan perpotongan antara kurva penawaran S = MRC dan kurva permintaan d = mrp, dan tenaga kerja yang dipekerjakan oleh perusahaan tersebut sebanyak l.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan factor primer pada faktor produksi yang terdapat dalam analisis ekonomi tradisional?
Yang dimaksud dengan Faktor primer dalam analisis ekonomi tradisional berarti faktor asli yang tersedia sebelum produksi dilaksanakan. Analisis ekonomi tradisional membagi faktor-faktor produksi menjadi tiga kategori, yaitu tanah, tenaga kerja, dan kapital. Sehingga yang tdigolongkan sebagai faktor primer adalah Tanah dan tenaga kerja.

Share:

No comments:

Post a comment