Tidak Bisa Download di Play Store, Begini Solusinya

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, jadi sudah beberapa waktu ini, Oliv ga bisa mendownload aplikasi di Play Store, sementara ada aplikasi yang harus didownload untuk kepentingan pekerjaan


Cara-cara ini bisa kamu coba ya, kalau aku nomor dua paling berfungsi hehe

1. Koneksi Internet

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah tidak bisa mendownload di Play Store yaitu dengan memastikan koneksi internet yang kuat. tidak bisa diunduh di Play Store karena koneksi yang lemah. Bisa sambungkan jaringan ke Wi-Fi.

Dan jika kamu menggunakan koneksi data, sementara pengaturan  unduhan  kamu memakai jaringan wifi, pastikan untuk mengubah pengaturan ini. Caranya sebagai berikut.

  • Buka Google Play Store.
  • Masuk ke bagian "Pengaturan" lalu pilih opsi "preferensi unduhan aplikasi"


  • Pastikan pengaturannya memilih opsi "Over any network/ Melalui jaringan apapun".
  • Jika yang dipilih adalah "Over wi-fi only (melalui WiFi saja)" artinya, Google Play Store hanya akan  mengunduh  aplikasi saat terhubung dengan jaringan wifi dan tidak bisa memakai koneksi data.
  • Hal yang sama juga berlaku untuk pengaturan "Auto-update apps".

2. Hapus Cache & Data Play Store
Mengapa tidak bisa download di Play Store padahal memori kosong? Jangan panik dulu, kamu bisa coba dengan menghapus cache dan data di Play Store dengan cara mudah.

Pertama-tama buka pengaturan, pilih aplikasi. 


Kemudian pilih 'Aplikasi dan Izin dan klik 'pengelola aplikasi / lihat semua aplikasi'. Selanjutnya, gulir ke bagian bawah dan klik 'Google Play Store'.



Selanjutnya bisa di klik penyimpanan


Kemudian klik hapus cache




3. Restart
Solusi selanjutnya dari tidak bisa mengunduh di Play Store dengan merestart Hp. Caranya cukup mudah, dengan menekan tombol power hingga menu muncul dan klik 'matikan atau mua ulang'.

Jika tidak ada pilihan tersebut, kamu bisa menekan tombol power hingga Hp mati dan kembali menyala.

4.Yuk Periksa Kapasitas Memori HP kamu

menambahkan aplikasi baru ke dalam ponsel tentu saja akan menggunakan ruangan memori, baik memori internal atau eksternal ponsel.

terkadang kita tidak perlu mendownload sebuah aplikasi tanpa melihat terlebih dahulu kapasitas memori ponsel. Saat memori penuh, tentu saja pengunduhan tak bisa dilaksanakan.

Untuk itu, aplikasi, game, video, dan juga foto yang tidak diperlukan dengan cara menghapusnya.

5. Yuk Hapus proxy
Menghapus proxy menjadi solusi yang tidak bisa diunduh di Play Store selanjutnya. Proxy sendiri merupakan sebuah sistem yang bekerja sebagai sarana perantara jaringan.

Gangguan dari proxy dapat memengaruhi proses download aplikasi di Play Store. Untuk menghapus proxy, Anda bisa melakukannya dengan membuka pengaturan pada data Access Point Name atau APN.

6. Kamu Bisa tambah memori eksternal
menambahkan memori eksternal pada ponsel dengan kapasitas yang lebih besar menjadi cara berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kegagalan download di Play Store.

Cara ini berhasil jika Anda menemukan pemberitahuan berupa tulisan "Penyimpanan yang Tersedia Tidak Cukup" pada saat Anda ingin mendownload aplikasi di Play Store. Pemberitahuan ini menandakan jika memang kapasitas memori pada ponsel Anda sudah penuh.

7. Terakhir jangan Lupa, Periksa Layanan Google Play
Google Play Store memiliki keterikatan dengan Google Play Service. Dari sini bisa dikatakan jika mungkin saja kegagalan yang terjadi pada saat mengunduh aplikasi di Play Store karena masalah pada Google Play Service.

Caranya adalah dengan menghapus data dan juga cache yang terdapat pada aplikasi Google Play Service.

Nah itu cara-caranya, selamat mencoba !

Share:

No comments:

Post a Comment