PENGALAMAN TES TPKA UNAIR 2024 | TES POTENSI AKADEMIK PASCA SARJANA UNAIR

 Assalamualaikum, Alhamdulillah segala puji bagi Allah yang membuat ku lulus dari tes TPKA UNAIR, lulus ? maksudnya ada yang tidak lulus ? Bukan begitu, maksudnya adalah lulus dari standar yang ditetapkan oleh jurusan yang ingin aku apply, yaitu > 450 alhamdulillah aku mendapatkan total skor 596 , tidak tembus 600 hehe, karena aku baru saja mendaftar di hari rabu tanggal, 1 mei 2024, pada hari selanjutnya kamis dan jumat, aku bekerja dari pagi hingga pukul lima sore. Dan tesnya diadakan pada Sabtu pagi, tanggal 4 mei 2024, hanya 2 hari jaraknya jadi I dont have any well preparation, lebih bisa disebut tidak ada persiapan dan tidak belajar. Hanya mencoba, ternyata benar motto hidup ku selama ini yaitu,

"Tugas kita bukan menjadi sukses , tapi untuk mencoba , karena dari mencoba kita menemukan jalan kesuksesan. Jadi jangan takut mencoba ya, kalau mencoba setidaknya ada dua kemungkinan yaitu lulus / tidak lulus, sedangkan jika kita tidak berani mencoba kita hanya punya satu peluang yaitu tidak lulus"

Jadi aku sangat bersyukur, sudah alhamdulillah sekali LULUS diatas passing grade tanpa belajar dan persiapan. MasyaAllah banget. Semendadak itu karena memang aku baru pulang umroh 10 hari terakhir ramadhan 2024 dan liburan dari Turki.

Cerita dulu ya, awalnya aku ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri lewat jalur pegawai berprestasi Kemenkeu, alhamdulillah, seleksi administrasi lulus, seleksi tpa dan bahasa inggris belum lulus , untuk TPA alhamdulillah sudah lulus passing grade, bahasa inggris  kurang 1 soal benar, sedikit tidak masuk akal di logikaku karena I have IELTS certificate dengan skor yang cukup baik, bahasa inggrisku cukup apik(pede sedikit ya). Setelah kupikir-pikir lagi Allah hanya ingin bilang, hei kamu bukannya ga capable u/ kuliah di LN hanya saja ada sesuatu yang lebih baik untukmu di Indonesia alhamdulillah, sepertinya Allah belum ingin aku kuliah di Luar Negeri saat ini, kebetulan pengumuman beasiswa LN itu saat aku ada di raudah, ketika umroh aku banyak mendapat petunjuk jika anakku masih membutuhkan aku disisinya, karena jika aku berkuliah di luar negeri pasti anak aku akan aku tinggal di Indonesia bersama orang tuaku. Yes I am a single mother hehe. Alhamdulillah pada akhirnya sepulang umroh,aku  memutuskan untuk mendaftar beasiswa DN, di universitas sesuai passion aku di komunikasin dan yang menyediakan program double degree.



Short story UNAIR adalah tujuanku. I love the program, mata kuliahnya, segala sesuatunya sesuai dengan passionku banget di komunikasi, Alhamdulillah I am a certified public speaker. Indeed I love communication. alhamdulillah

Kemudian salah satu syarat penerimaannya jika melalui jalur non tulis adalah

TPA OTO Bappenas/TPKA AAC UNAIR ≥ 450 (untuk pendaftar S2); ≥ 475 (untuk pendaftar S3) dan TOEFL/Sejenisnya ≥ 450 (untuk pendaftar S2); ≥ 475 (untuk pendaftar S3).

Tes TPKA dapat dilakukan AAC UNAIR (klik aja kalau mau daftar)

Setelah kamu daftar dan membayar, kamu akan dapat jadwal tesnya, dan dapat konfirmasi , username, password, link zoom melalui email yang kamu daftarkan saat pendaftaran, dan mendapatkan tautan untuk bergabung dengan whatsapp group TPKA UNAIR.

Tes TPA UNAIR Pasca sarjana ini dilaksanakan secara online, dari rumah masing-masing.

Biaya pendaftarannya Rp. 250.000 ya, pake billing bank BNI, bisa dibayar dengan mobile banking bank lain dengan cara , klik transfer tujuan bank lain yaitu BNI dan masukkan kode billing pembayarannya. selesai.

Harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan tes otto bappenas, yang sekitar Rp. 500.000 keatas, jadi kalau kamu memang ingin masuk unair, lebih baik langsung tes di TPKA Unair ini.

Tenang saja jika ada kendala, nanti akan diberi panduannya kembali dan dibantu oleh2 kakak2 di TPKA UNAIR, melalui whatsapp group.

Selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah menyediakan perangkat sesuai dengan ketentuan penyelenggara,

Tips: siapkan perangkat dan tes perangkat sehari sebelumnya

Spesifikasi perangkat

Untuk melaksanakan proses Asesmen, para peserta ujian diharapkan dapat mempersiapkan perangkat komputer dengan kelengkapan sebagai berikut: 

1. Laptop/PC dengan layar minimal 12” yang berfungsi dengan baik. 

2. Dilengkapi dengan kamera (webcam) dan Headphones/Earphones berkabel dan ber-mic. 

3. Memiliki minimal 4GB RAM. 

4. Memiliki minimal 10GB Storage. 

5. Menggunakan Sistem Operasi Windows 8.1, atau 10. 

6. Tidak terpasang piranti lunak Antivirus. 

7. Memiliki koneksi internet stabil minimal 5 Mbps, disarankan tidak menggunakan tethering personal hotspot dari ponsel tetapi tethering USB HP jadi modem dengan kabel data) untuk koneksi internet demi kelancaran ujian. 

8. Paket data minimal 10GB (Pastikan memilih provider yang memiliki sinyal paling baik di daerah masing – masing). Untuk menjalankan aplikasi ujian daring, perangkat laptop atau notebook yang digunakan harus telah terpasang aplikasi: 2. Setting Konfigurasi Asesmen yang disediakan oleh pihak Airlangga Assessment Center UNAIR. 

9. Memiliki smartphone untuk digunakan aplikasi zoom untuk tes. 

10. Memiliki piranti lunak SEB (Safe Exam Browser) versi 3.7.0 for windows. 

Penjelasan lebih lanjut nanti akan ada booklet dari tim TPKA UNAIR di grup whatsapp mengenai cara setting dan petunjuk lebih lanjut.

Alhamdulillah aku dipinjami laptop windows dari kantor yang sudah i5 dan spesifikasinya sesuai dengan yang dibutuhkan, karena laptop pribadiu MAC book, jadi kurang sesuai spesifikasinya. Tips dari aku , agar lancar please banget siapin perangkat dan tes perangkat kalian sehari sebelum tes, agar lancar semuanya.

Lokasi Tes

Lokasi tes , harus di ruangan ya, yang isinya hanya kalian sendiri, boleh dikamar, dimana saja asal di ruangan. Aku pribadi tes di kamar baju aku, jadi kamar khusus isinya lemari baju dan tas. Duduk di lantai dengan meja belajar lantai. Santai aja hihi

Setiing Ruangan


Setting ruangan bebas asal nyaman dan jangan lupa untuk menaruh perangkat hp dan tripod di sisi samping sesuai petunjuk diatas. 

Setting Zoom

Setting zoom , penamaan dengan nama asli sesuai KTP, zoom harus on camera, dan audio menyala. Kalau kalian merasa kurang konsentrasi saat melakukan tes karena suara zoom , maka kecilkan saja volumenya hingga yang terkecil.


Proses Pelaksanaan Tes

Selanjutnya kalian akan diminta masuk ruangan zoom setengah jam sebelum tes dimulai, untuk verikasi identitas oleh petugas TPKA UNAIR. Verifikasi identitas dengan menunjukkan KTP ASLI. Kemudian petugas TPKA , akan meminta kalian untuk memutar kamera ke seluruh ruangan memastikan hanya kalian sendirian di ruangan tersebut.

siapkan notes u/ tes numerik dan KTP


Selesai verifikasi , akan diberi petunjuk untuk memulai tes, dan diberi pin/password untuk bisa memulai tes. Kerjakan tesnya dengan TENANG !


Tampilan Safe Exam Browser TPKA UNAIR


SOAL TPKA UNAIR 

Back to the topic, tesnya seperti apa kak , soalnya seperti apa ? Tes TPKA mengukur kemampuan verbal, numerik dan penalaran. Jumlah soal 80 dalam waktu 60 menit.

1. Tes Verbal 
Sinonim, Antonim, Cerita Singkat, Logika perbandingan. Saat aku tes banyak sinonim dan antonim, banyak kata baru, dan aku gatau karena aku tidak sempat belajar huhu tes sabtu, rabu baru daftar, posisi bekerja kamis jumat dari jam 7.30 pagi-5 sore, yasudah ikhlas menerimanya. alhamdulillah masih lulus diatas passing grade.
2. Tes Numerik
deret angka, soal cerita, dan x>y tipe soal begitu apa ya namanya hehe Numerik masih mending lah 550 wkwk
3. Tes Penalaran/ Logika
Tesnya kaya tes penalaran biasa aja sesuai buku2 TPA pada biasanya, seingetku ya
nilai ku 700 , masyaAllah dahsyat banget karena maksimum skornya 800. Untuk aku yang tidak belajar ini sangat sesuatu.

Kalau sudah selesai jangan lupa submit all and finish di a.plikasi Safe Exam Browser


Tampilan ketikas sudah berhasil submit dan finish

Selesai Tes

Setelah selesai ujian,dalam grup whatsapp akan ada pengumuman ini.

Terimakasih Bapak/Ibu yang telah menyelesaikan tes pada hari ini. Untuk sertifikat nilai TPA dapat di download pada link di bawah ini dengan cara memasukan username/id registrasi masing-masing

https://pendaftaran.aac.unair.ac.id/C_home/cekNilai

Nilai akan keluar kira2 1x24 jam atau max 2 hari setelah tes berlangsung, jika ada pertanyaan nantinya bisa ditanyakan melalui grup ini, Terimakasih­čÖĆ

Fakta di lapangan nilainya keluar 20 menit kemudian, cepet banget.

TIPS SUKSES TPA JALUR LANGIT


Alhamdulillah, tips sukses ujian TPA walau hanya mengandalkan memori-memori saja. 

1.Minta Restu Orang Tua

2. Sedekah anak yatim mantab

3. Sholat tepat Waktu

4. Ngaji setiap hari

5. Ngaku aja ke Allah kalau kita fakir ke Allah , ga bisa apa2 tanpa Allah, dan minta Allah permudah, insyaAllah kalau memang jalan kalian dan takdir kalian, insyaallah akan mudah menjalaninya.

6. Selalu yakin kalau Allah bisa merubah yang impossible jadi possible dalam sekejap mata, seperti aku saat ini, masa iya ga belajar, bisa lulus, bisa huhu alhamdulillah allahuakbar.


Semangat ya , mudah-mudahan semua Allah permudah untuk kalian semuanya ya yang mengikuti TPKA UNAIR, kalau mau ada yang ditanya silahkan DM instagram aku di @olivwijayaa , sekian semoga bermanfaat


Share:

No comments:

Post a Comment