Millenials Gathering 2019 (Ekonomi kreatif hingga Content Creator)

Assalamualaikum kali ini oliv mau sharing tentang acara yang baru saja aku ikutin yaitu millenials gathering yang diselenggarakan di hotel grand jatra balikpapan. Acara ini diselenggarakan tanggal 23 maret 2019. Acara ini dimulai pukul 14.00 WITA. Dalam acara ini hadir kurang lebih 500 millenial kota balikpapan. Dalam acara ini ada dua pembicara yaitu dari kepala bekraf RI dan wakil ketua komisi X DPR RI.

Bekraf (gathering millenials 2019)

Wow aku excited banget menghadiri acara ini karena pembicaraan seminar ini seputar millenial dan ekonomi kreatif.


Mau tau apa arti ekonomi kreatif ? Contoh sederhananya adalah menjadikan suatu gagasan baru seperti budaya sebagai salah satu sumber ekonomi  (seperti yang ada di pulau bali) .

Nah menurut definisi Howkins, Ekonomi Kreatif adalah kegiatan ekonomi dimana input dan outputnya adalah gagasan.

Jadi menurut aku intinya sih ekonomi kreatif adalah menjadikan suatu gagasan baru menjadi suatu hal yang bermanfaat secara ekonomi.

Dateng ke acara ekonomi kreatif bareng yunia

Ah pusing pantun dulu yuk
Panas panas makan asinan
Makannya sambil bergandengan tangan
Selamat datang di kota balikpapan
Yang indah aman dan nyaman
udah pernah ke balikpapan belum nih gaes ??


Aseek , nah sekarang kita lanjut lagi ya gaes , aku mau cerita ada beberapa industri kreatif lo di Indonesia, yaitu seperti Periklanan, Arsitektur Pasar barang seni, Kerajinan (handicraft), Kuliner, Desain, Fashion, Film, video, dan fotografi, Musik, Seni pertunjukan, Penerbitan dan percetakan, Layanan komputer dan piranti lunak, Radio dan televisi, Riset dan pengembangan.

Ternyata banyak ya, jadi di era ekonomi kreatif digital ini semua orang bisa menciptakan kreasi masing2. Termasuk kamu para generasi millenial yuk ciptakan juga ide gagasan kamu yang bisa diwujudkan dan jadi bagian dari ekonomi kreatif.

Seru juga ya ekonomi kreatif itu. Biar tambah asik ini Oliv kasih tips seputar ide atau gagasan untuk membuat uang di dalam bisnis ekonomi kreatif.


 3 gagasan untuk kamu generasi millenial untuk membuat uang di dalam bisnis ekonomi kreatif. 


Sumber google.co.id

1.Membuat Skill Menjadi "Produk"

Jadi buat kamu generasi millenial yang mempunyai skill, yuk asah skill kamu dan ubah skill tsb menjadi produk.
Contohnya jika kamu punya skill desain grafis, fashion, desain interior, jasa desain blog, apps, video, fotografi, dll. Buat skill mu menjadi produk /jasa dan pasarkan melalui media sosial. Jangan takut memulai. Mulai saja dulu.. Okey

2.Mengajar Sebuah Keahlian Tertentu 

Kalau kamu punya keahlian, yuk jadikan itu sebagai bisnis. Keahlian atau kemampuan ini dapat berupa teknis, kreatif atau bahkan mencakup soft skill seperti MC, networking dan komunikasi.

3.Mempublikasikan Konten ( Content Creator) 

Nah ini dia yang menjadi ladang favorit para generasi millenial saat ini yaitu menjadi content creator baik di instagram, youtube, ataupun facebook. Ya seperti kita semua tahu bahwa generasi millenial itu identik dengan hape yang selalu dalam genggaman. Bangun tidur yang dicari hp, kemana mana hp selalu melekat, kalah2 deh jodoh atau pacar hehehe. Nah identik dengan hp, generasi millenial juga identik dengan salah satu generasi yang sangat menggandrungi medsos. Nah ini jadi ladang yang sangat menguntungkan untuk kamu para generasi millenial untuk menjadi pembuat konten yang dapat dinikmati orang banyak.

Ada beberapa cara menjadi content creator sukses yaitu dengan memilih konten yang sesuai passion, punya karya yang original, selalu update tentang hal kekinian,  bisa multitasking, dan konsisten.

Contoh content creator yaitu seperti blogger, vlogger, dll.
Seperti aku sendiri juga sudah join lo di industri ekonomi kreatif yaitu dengan menjadi beauty vlogger via youtube, hehe.

Nah itu dia kira2 beberapa gagasan yang bisa kamu ikuti sebagai generasi millenial untuk bisa join didalam ekonomi kreatif. Karena menurut aku ekonomi kreatif cocok banget untuk kita generasi millenial.

Nah apakah kamu tertarik join di dunia ekonomi kreatif ?


Share:

No comments:

Post a comment