{MITOS / FAKTA } Tidur Siang Kelamaan Berbahaya ?

Ada yang pernah mendengar atau membaca mengenai penyakit diabetes. Dahulu ahli media mengatakan kalau diabetes merupakan penyakit turunan. Namun beberapa tahun lalu, hal ini diyakini sebagai penyebab utama diabetes melitus. Diabetes Melitus terbagi menjadi tiga jenis yaitu, tipe 1 (satu), tipe 2 (dua), dan tipe diabetes gestasional. 





Diabetes Melitus Tipe I juga kerap dikenal dengan istilah insulin dependent diabetes. Penamaan tersebut mengacu pada keterkaitan diabetes tipe ini dengan ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi insulin. Diabetes gestasional adalah penyakit diabetes yang dialami oleh wanita hamil. Sedangkan Diabetes Melitus tipe II atau non-insulin dependent diabetes adalah jenis diabetes yang merupakan sisi lain dari diabetes tipe I. Diabetes tipe ini tidak memiliki kaitan dengan insulin. Tubuh penderita diabetes melitus tipe II sebenarnya masih bisa memproduksi insulin hanya saja jumlahnya tidak cukup atau cacat.


Seperti kita ketahui bersama,kalau kamu bisa terkena diabetes, jika ada keluarga yang pernah mengalaminya. Karena penyakit ini bisa disebabkan oleh faktor genetik.

Kamu juga bisa terkena diabetes, jika gaya hidup kamu tidak sehat, seperti tidak berolahraga, tidak mengontrol makanan, banyak mengalami stres, dan sebagainya.

Sekarang, sejumlah ilmuwan mengungkap faktor lain yang menyebabkan penyakit ini berkembang. Berdasarkan penelitian terbaru, diabetes berkaitan langsung dengan lamanya kamu tidur siang. Demikian dilansir dari laman Boldsky dan Balikpapan Pos .

Para peneliti mengklaim bahwa tidur siang tidak hanya berhubungan dengan munculnya diabetes, tetapi juga menyebabkan penyakit seperti jantung, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan peningkatan berat badan.

Tidur siang disini adalah tidur siang lebih dari satu jam. Biasanya, orang yang sering mengeluh kelelahan di siang hari lebih rentan untuk tidur siang lebih dari satu jam.

Karena itu disimpulkan bahwa orang yang tidur siang lebih dari satu jam mengalami kelelahan dan ini bisa dikaitkan dengan beberapa kondisi kesehatan yang dialami orang tersebut.

Setelah penelitian mendalam, ditemukan bahwa orang yang tidur siang dan rentan menderita diabetes sebenarnya mengalami apnea tidur. Dalam kondisi ini, dia akan berhenti bernapas selama tidur. Akibatnya, orang orang ini tidak mendapatkan tidur yang cukup saat malam. 

Kondisi ini menyebabkan pelepasan hormon kortisol yang meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan meningkatnya kadar gula darah kamu. Inilah kenapa lamanya tidur siang kamu bisa menyebabkan diabetes.

Semoga bermanfaat.
Share:

No comments:

Post a comment