Ingin bermanfaat bagi orang lain, Yuk coba lakukan 34 sedekah kreatif ini !

Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh,


Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni. Hadits ini dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’ no:3289).

Alhamdulillah segala puji bagi Allah. Saudara Oliv semua, kita hidup didunia ini hanya sekejap. Bahkan Oliv merasa bahwa waktu berlalu sangat cepat, tiba-tiba sudah umur 25 tahun, serasa baru kemarin Oliv lulus dari bangku sekolah menengah atas. Nah itulah mengapa, kita sepatutnya berhenti membuang-buang waktu dan mulai menebar kebaikan dimanapun kita berada. Karena tidak tahu sampai kapankah kita akan hidup ? Dan apa yang akan kita bawa nanti untuk bertemu dengan Allah, jika bukan kebaikan ?

Nah Oliv disini mau sharing 34 ide kreatif terkait kegiatan berbagi. Semoga tulisan kali ini dapat memberi manfaat pada Oliv dan teman-teman semua untuk bekal di kampung akhirat aamiin.

Sedekah / berbagi selalu identik dengan berbagi uang, makanan, minuman atau pakaian. Padahal berbagi / sedekah bisa mempunyai banyak bentuk dan selalu dapat kita lakukan setiap waktu disetiap hari-hari kita. Nah yuk simak 34 ide kreatif bersedekah / berbagi dibawah ini

1. Siapkan nasi bungkus dari rumah. Berikan ke orang yang kira-kira membutuhkan seperti pedagang kecil, pengemis, orang gila, pengamen, anak terlantar dll. Enggak usah banyak-banyak misal 1 bungkus setiap harinya.

2. Laundry/cucikan Mukena/sarung secara berkala musholla yang ada di sekitar lingkungan kita.

3. Berkala beli Mukena/sarung baru, misal 3 bln sekali. Malu dong sama Allah pake itu-itu melulu, yang lama disedekahkan.

4. Bawa Mukena ketika akan berpergian. Tinggalkan di masjid/ musholla yang kita singgahi.

5. Beli kamper/pengharum baju. Taruh di kumpulan mukena di masjid/musholla yang kita singgahi

6. Bungkus perlengkapan shalat (Mukena, sarung, sajadah, kopiah, Al Qur'an jadikan parcel ketika lebaran. Berikan ke satpam komplek atau tukang kebersihan komplek atau office boy di kantor. InsyaAllah pahalanya mengalir.

7. Beli beberapa pasang sandal jepit, taruh di kantor, musholla atau masjid untuk digunakan ketika berwudhu.

8. Beli perlengkapan untuk membersihkan toilet, juga pengharum ruangan, dan berikan secara berkala ke masjid-masjid.

9. Bagi yang shalat Jum'at, datang 15 menit lebih awal. Bantu bersih-bersih dan beres-beres.

10. Kumpulkan botol minuman plastik/botol bekas shampoo dll, setelah banyak berikan ke pemulung.

11. Kalau beli minum dalam kemasan, kalau ada sisa bawa pulang. Airnya bisa disedekahkan untuk tanaman (sedekah alam), dan wadahnya dikumpulkan, kalau sudah banyak dikasihkan pemulung..

12. Beli beberapa burung yang murah saja, lepaskan ke alam bebas.

13. Beli makanan kucing siap saji dalam toples, taruh di tas. Ketika di jalan ketemu kucing liar, berikan.

14. Beli barang diskonan di supermarket agak banyak. Misal detergent, minyak goreng, sabun, buku tulis, pulpen kemudian bungkus cantik hadiahkan ke panti asuhan atau rumah singgah.

15. Jangan nawar ke pedagang kecil, kalau bisa justru kasih lebih.

16. Beli tissue atau keperluan yang sederhana di pedagang kecil yang kita jumpai, misal tissue 2000 rupiah, ikat rambut atau peniti sudah cukup bikin mereka senang.

17. Ketika makan di kaki lima ada pengemis atau anak terlantar, beliin mereka seporsi seperti yang kita makan.

18. Siapa yang suka jualan makanan kecil di kantor? Gratisin buat yang buka puasa. Kebayangkan gorengan 2000 bisa bikin kita masuk surga. In syaa Allah.

19. Ada pembangunan masjid? Bisa bikin gorengan? Berikan beberapa ke pekerja.

20. Selalu siap jika dimintai tolong tenaga, jika sedekah materi belum bisa kita lakukan.

21. Bayarlah lebih ketika naik angkot yang supirnya kakek-kakek atau bapak tua.

22. Kasih tips lebih buat ibu/abang ojek online / kurir kalo kira-kira jaraknya jauh dan juga kondisi mereka yang kira-kira memprihatinkan (tua misalnya).

23. Ketika di bus/angkot. Bayarin nenek-kakek yang keliatan kurang mampu atau suami istri yang buta.

24. Pas bulan Ramadan. Diperkirakan buka puasa diperjalanan. Angkot, bis, kereta, busway etc. Siapkan beberapa air mineral (gelas) pas adzan bagi-bagi. Kebayang beli 5000 aja udah dapat 10, Kita dapat 10 pahala beri minuman orang berbuka. In sya Allah.

25. Tawarkan temen kita yang searah, Jika kita bawa kendaraan.

26. Pada saat di perjalanan bersama keluarga mampir di toilet masjid biasakan anak laki-laki diberi tugas bersihin toilet dan tempat wudhu.

27. Rutin mensortir mainan anak kita. Buy 1 give 1. Ketika beli mainan baru harus ada 1 mainan yang disedekahkan ke temannya atau panti asuhan.

28. Diam-diam ke toko bangunan, terus belanja semen semampu kita terus langsung kirim aja ke tempat2 sosial seperti masjid-masjid,sekolah2 yang masih dalam tahap pembangunan dan butuh bantuan dana.

29. Suka memberi hadiah2 kecil atau oleh-oleh untuk orang lain.

30. Donasikan sebagian keuntungan / gaji secara rutin ke yayasan yatim piatu / pihak yang mebutuhkan.

31. Rutin ikut donor darah di PMI.

32. Perhatikan kecukupan hidup ulama / pendakwah disekitar Anda.

33. Share pesan / postingan bermanfaat seperti dakwah, motivasi dls. Insya Allah itu akan menjadi amal jariah kita.

34.  Jika ada ide yang lain, uk share di kolom komentar, jangan lupa ya ,

Semoga menginspirasi. Mulai dari hal yang terlihat sepele, mulai dari diri sendiri, mulai dari sekarang.

"Perumpamaan ( nafkah yang dikeluarkan oleh ) orang2 yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap2 bulir seratus biji.

Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui."
QS. AL BAQARAH

Kebayang satu orang di antara kita menjalankan ini setiap harinya, berapa banyak masalah sosial bisa teratasi dan pahala yang bisa kita raih

Aamiin allahumma aamiin
Share:

No comments:

Post a Comment