TATA BUKU BERPASANGAN, PENDEKATAN NORMATIF & POSITIF, PENGUNGKAPAN TEORI AKUNTANSI

Halo assalamualaikum, aku baru aja beres ngerjain tugas  teori akuntansi nih , hooho, iya aku kuliah lagi sudah semester 6 doain ya gengs semoga dimudahkan dan dilancarkan .. aku share aja siapa tau ada yang perlu ya kan , kalau ada yang salah atau ga sesuai, just comment below ya, sharing is caring :)
source : google
 

  1. Jelaskan perkembangan tata buku berpasangan secara jelas dan singkat!
Orang pertama yang dikenal mengkodifikasikan akuntansi dengan mengulas tata buku berpasangan yang disebut Particularis de Computis et Scripturis adalah Luca Pacioli karena inilah tulisan pertama kali yang diterbitkan dan dipublikasikan dan masih relevan sampai sekarang. Kendatipun demikian peran para pedagang khususnya dari bangsa Arabia dan Mesir dalam penemuan akuntansi pertama kali tidak dapat diabaikan dengan bukti adanya praktik system buku berpasangan oleh pemerintahan islam pada abad ke-10. Bentuk – bentuk dasar akuntansi berpasangan yang belum sempurna telah ada dalam peradaban Inca Kuno dalam Tahun 1577.
Sumbangan masa Renaisans pada akuntansi, antara lain munculnya istilah-istilah akuntansi yang dipakai sampai saat ini, antara lain debt, debtor, debenture, debit, kredit, creed, dan credere. Selain itu mereka telah memulai pengembangan akuntansi biaya, accrual, deffered, dan audit neraca.
  1. Jelaskan alasan mengapa Luca Pacioli lebih dikenal sebagai pelatak dasar akuntansi khususnya tata buku berpasangan!
Luca Pacioli lebih dikenal sebagai peletak dasar akuntansi khususnya tata buku berpasangan karena
Buku yang ditulis Pacioli berjudul Summa de Arithmetica, Geometrica, Proportion et Proportionalita.Buku ini muncul tahun 1494 di Venesia hanya dua tahun setelah Columbus mendarat di Amerika dan hanya beberapa tahun setelah percetakan pertama didirikan di Venesia sehingga menunjukkan pentingnya karya ini. Buku summa ini terutama merupakan risalah mengenai matematika, tetapi juga mencakup suatu bagian mengenai  tata buku berpasangan yang disebut Particularis de Computis et Scripturis.
Bagian ini merupakan tulisan yang pertama kali diterbitkan menggambarkan system tata buku berpasangan dan yang memberi kita wawasan ke dalam pemikiran yang ada di balik catatan-catatan akuntansi. Komentar Pcioli mengenai akuntansi masih relevan dan sesegar seperti ketika komentar itu ditulis hampir 500 tahun yang lalu.
  1. Jelaskan mengenai perbedaan utama dari pendekatan normatif dan positif dalam akuntansi!
Perbedaan utama pendekatan normatif dan positif dalam akuntansi adalah



Pendekatan Normatif
1.            Bersifat Preskriptif
2.            Seperti dokter yang memberikan resep, menyarankan bagaimana para akuntan harus berperilaku untuk mencapai hasil yang diyakini baik dan benar secara moral.

Pendekatan Positif
1.            Bersifat Deskriptif
2.            Tidak memberi resep, namun lebih menjelaskan bagaimana perilaku orang-orang (biasanya pembuat dan pengguna informasi keuangan) atau memprediksi perilaku mereka terlepas dari benar atau salah.
 

  1. Menurut Anda, jenis pengungkapan apa yang sebaiknya dilakukan pada informasi akuntansi pada laporan keuangan? Mengapa?
Jenis pengungkapan ada dua yaitu,
1. Pengungkapan Wajib (Mandatory Disclosure)
Pengungkapan Wajib merupakan pengungkapan minimum yang disyaratkan oleh peraturan yang berlaku. Peraturan tentang standar pengungkapan informasi bagi perusahaan yang telah melakukan penawaran umum dan perusahaan publik yaitu, Peraturan No. VIII.G.7 tentang Pedoman Penyajian Laporan Keuangan dan Peraturan No. VIII.G.2 tentang Laporan Tahunan. Peraturan tersebut diperkuat dengan Keputusan Ketua Bapepam No. Kep-17/PM/1995, yang selanjutnya diubah melalui Keputusan Ketua Bapepem No. Kep-38/PM/1996 yang berlaku bagi semua perusahaan yang telah melakukan penawaran umum dan perusahaan publik. Peraturan tersebut diperbaharui dengan Surat Edaran Ketua Bapepam No. SE-02/PM/2002 yang mengatur tentang penyajian dan pengungkapan laporan keuangan emiten atau perusahaan publik untuk setiap jenis industri.
2. Pengungkapan Sukarela
Pengungkapan sukarela adalah pengungkapan informasi yang dilakukan secara sukarela oleh perusahaan tanpa diharuskan oleh peraturan yang berlaku atau pengungkapan melebihi yang diwajibkan. Hal ini dilakukan untuk membantu investor dalam memahami strategi bisnis manajemen
Perusahaan akan melakukan pengungkapan melebihi kewajiban pengungkapan minimal jika mereka merasa pengungkapan semacam itu akan menurunkan biaya modalnya atau jika mereka tidak ingin ketinggalan praktik-praktik pengungkapan yang kompetitif. Sebaliknya, perusahaan-perusahaan akan mengungkapkan lebih sedikit apabila mereka merasa pengungkapan keuangan akan menampakkan rahasia kepada pesaing atau menampakkan sisi buruk perusahaan di depan berbagai pihak.
  1. Sebutkan dan Jelaskan empat tipe standar menurut Edey (1977)!

Standar akuntansi menurut Edey (1977) dibagi menjadi empat tipe, yaitu:
(1) Tipe 1 menyatakan bahwa akuntan harus melaporkan pada masyarakat tentang apa yang mereka lakukan dengan mengungkapkan metode-metode serta asumsi-asumsi (kebijakan akuntansi) yang digunakan.
(2) tipe 2 mengarah pada pencapaian keseragaman penyajian laporan keuangan

(3) tipe 3 melakukan pengungkapan terhadap hal-hal khusus dimana para pengguna diminta untuk melakukan pengujian terhadap kebijakan yang dibuat.

(4) tipe 4 memerlukan pembuatan keputusan baik secara eksplisit maupun implisit tentang persetujuan penilaian asset dan penetapan income.

Terimakasih J

Share:

2 comments:

  1. terimakasih mba, sangat2 membantu blognya mempermudah saya memahami soal hehe, btw kuliah dimana mba ? semangat share infonya yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo salam kenal aku kuliah di universitas terbuka sekarang :) kalau kamu ? sudah semester berapa ?

      Delete