RESEP OLAHAN SINGKONG : JEMBLEM ATAU MISRO

Halo assalamualaikum, as you know, oliv lagi hobi share resep masakan. Kali ini oliv mau share resep jemblem atau misro.


Jemblem adalah sebuah makanan gorengan berwarna kecoklatan yang terbuat dari singkong berbentuk bulat sebesar telur ayam dan di dalamnya berisi gula merah. Jemblem merupakan salah satu kue jajan pasar yang banyak ditemui di pasar maupun di warung-warung daerah Jawa, Indonesia. 

Resep

500 gram singkong, kupas dan parut halus
300 gram kelapa parut
garam secukupnya (1/2 sdt)
gula pasir secukupnya (1 sdm) -opsional-
1 sdt vanili
gula merah untuk isian secukupnya

Cara Membuat:

1.Peras singkong parut dengan kain, agar adonan tidak terlalu basah dan mudah dibentuk


2.Campur singkong parut, kelapa parut, garam, gula dan vanili sampai rata.
3.Pipihkan singkong dan isi dengan gula merah sisir halus (menggunakan parutan keju atau pisau).
4.Kepal-kepal singkong.
5.Panaskan minyak dan goreng jamblem
sampai berwarna kuning kecoklatan.


6.Angkat dan tiriskan.
7.Sajikan hangat.


Gampang sekali bukan ?

Nah ini dia beberapa tips dari oliv setelah beberapa percobaan membuat jemblem.

Tips membuat jemblem yang enak dan tidak keras adalah jangan memeras singkong parut hingga terlalu kering. Jika tidak mempunyai vanili maka tidak apa-apa. Cukup tambahkan gula dan garam.

Goreng di minyak panas yang cukup banyak ( sampai adonan jemblem terendam keseluruhan bagiannya ), Hal ini dilakukan agar tidak banyak menempel di jemblem. Coba deh matang sempurna, dan ga perlu lagi di lap-lap pakai tisu, hehe. Semoga Bermanfaat.

-------------------------------------------------------------------------------------

Selanjutnya, kenapa oliv mencoba resep ini berulang kali, hampir setiap hari, hal itu dikarenakan eksim oliv sedang kambuh. Jadi tidak boleh bersentuhan dengan makanan berpengawet, termasuk ayam ras, telur ayam, dll. Jadi oliv hanya memakan makanan seperti tahu, tempe, sayur dan umbi-umbian.

Nah supaya tidak bosan jadilah oliv mencoba beberapa resep olahan singkong. Singkong selain murah ternyata menyehatkan juga loh.

Selain kaya akan karbohidrat, singkong juga memiliki banyak kandungan vitamin C dan zat antioksidan lain, seperti asam fenolik, anthraquinones, saponin, dan alkaloid yang berguna bagi kesehatan kulit.

Singkong juga dipercaya memiliki sifat antiperadangan. Hanya saja, umbi-umbian ini cenderung tidak memiliki kandungan nutrisi lain, termasuk protein, sehingga konsumsi singkong dalam jumlah besar sangat tidak dianjurkan dari segi kesehatan.

Selamat mencoba semoga berhasil ^^
Share:

No comments:

Post a comment