Tutorial Online Diskusi ke-4 Semester 8 Universitas Terbuka


source : google.com


Assalamualaikum, berikut kumpulan soal-soal dan jawaban seputar akuntansi keuangan lanjutan, manajemen audit, akuntansi syariah, bisnis internasional, manajemen asuransi dan resiko, dan manajemen strategik

Bismillahirrahmanirrahim, semoga bermanfaat

 AKL II

Soal Diskusi 4 :
  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kontrak derivatif dan sebutkan apa saja yang termasuk dalam instrumen keuangan derivatif! 
Jawaban
Pengertian derivatif menurut PSAK No. 55 revisi 2011, derivatif adalah “suatu instrumen keuangan atau kontrak lain yang termasuk dalam ruang lingkup Pernyataan ini (lihat paragraf 02-06) dengan tiga karakteristik berikut ini.
1. Nilainya berubah sebagai akibat dari perubahan variable yang telah ditentukan (sering disebut dengan variable yang mendasari), antara lain suku bunga, harga instrumen keuangan, harga komoditas, nilai tukar mata uang asing, indeks harga atau indeks suku bunga, peringkat kredit atau indeks kredit, atau variabel lainnya. Untuk variabel nonkeuangan, variabel tersebut tidak berkaitan dengan pihak-pihak dalam kontrak.
2. Tidak memerlukan investasi awal neto atau memerlukan investasi awal neto dalam jumlah yang lebih kecil dibandingkan dengan jumlah yang diperlukan untuk kontrak serupa lainnya yang diharapkan akan menghasilkan dampak yang serupa sebagai akibat perubahan factor pasar, dan
3. Diselesaikan pada tanggal tertentu di masa depan
Yang termasuk dalam instrumen keuangan derivative
1.      Kontrak Forward.
Kontrak Forward adalah negosiasi kontrak antara dua pihak untuk mengantarkan atau membeli suatu komoditas, atau mata uang asing pada harga, kuantitas, dan tanggal tertentu yang telah disepakati.
2.      Kontrak Futures.
Kontrak futures secara umum memiliki karakteristik yang sama dengan kontrak forward. Perbedaannya hanya pada sifat keterjualannya di pasar. Kontrak futures mudah diperjualbelikan di pasar dan telah terstandarisasi
3.      Opsi.
Opsi adalah kontrak yang menjamin pemegang kontrak berupa hak untuk membeli atau menjual item-item tertentu pada harga tertentu, dan pada periode waktu tertentu.
4.      Swaps
Swaps adalah kontrak pertukaran terhadap kemungkinan tidak stabilnya arus kas di masa depan.
  1. PT. Aini merupakan perusahaan importir mobil dari Amerika Serikat. PT. Mia melakukan pembelian kredit pada tanggal 1 Maret 2019 senilai $ 1.000.000. Pembayaran akan dilakukan pada tanggal 1 April 2019. Nilai $1 sama dengan Rp. 14.100 dan Rp. 14.000. Silahkan Saudara catat transaksi yang dilakukan oleh PT. Aini dan PT. Mia!
PT. Aini
Penjualan
Sediaan                                               14.100.000.000
Utang usaha                            14.100.000.000

Pelunasan
Utang Usaha                           14.100.000.000
            Untung Nilai Tukar                  100.000.000
            Kas                                           14.000.000.000

PT. MIA
Pembelian
Piutang Usaha                         14.100.000.000
Penjualan                                14.100.000.000

Pelunasan
Kas                               14.000.000.000
Rugi Nilai Tukar                      100.000.000
            Piutang Usaha                                     14.100.000.000

Source Modul BMP AKL II Edisi 2, Universitas Terbuka, EKSI4311/3SKS/MODUL 1-9

Akuntansi Syariah

Karakteristik dari akuntansi murabahah
Karakteristik transaksi murabahah akan diuraikan sebagai berikut: (PSAK 102, paragraf 5 – 17)

1) Murabahah dapat dilakukan berdasarkan pesanan atau tanpa pesanan. Dalam murabahah berdasarkan pesanan, penjual melakukan pembelian barang setelah ada pemesanan dari pembeli.

2) Murabahah berdasarkan pesanan dapat bersifat mengikat atau tidak mengikat pembeli untuk membeli barang yang dipesannya. Dalam murabahah pesanan mengikat pembeli tidak dapat membatalkan pesanannya. Jika aset murabahah yang telah dibeli oleh penjual, dalam murabahah pesanan mengikat, mengalami penurunan nilai sebelum diserahkan kepada pembeli maka penurunan nilai tersebut menjadi beban penjual dan akan mengurangi nilai akad.

3) Pembayaran murabahah dapat dilakukan secara tunai atau tangguh. Pembayaran tangguh adalah pembayaran yang dilakukan tidak pada saat barang diserahkan kepada pembeli, tetapi pembayaran dilakukan dalam bentuk angsuran atau sekaligus pada waktu tertentu.

4) Akad murabahah memperkenankan penawaran harga yang berbeda untuk cara pembayaran yang berbeda sebelum akad murabahah dilakukan. Namun, jika akad tersebut telah disepakati maka hanya ada satu harga (harga dalam akad) yang digunakan.

5) Harga yang disepakati dalam murabahah adalah harga jual, sedangkan biaya perolehan harus diberitahukan. Jika penjual mendapatkan diskon sebelum akad murabahah maka potongan itu merupakan hak pembeli, sedangkan diskon yang diterima setelah akad murabahah disepakati maka sesuai dengan yang diatur dalam akad, dan jika tidak diatur dalam akad maka potongan tersebut adalah hak penjual.

6) Diskon yang terkait dengan pembelian barang, meliputi:
a) diskon dalam bentuk apapun dari pemasok atas pembelian barang;
b) diskon biaya asuransi dari perusahaan asuransi dalam rangka pembelian barang;
c) komisi dalam bentuk apapun yang diterima terkait dengan pembelian barang.

7) Diskon atas pembelian barang yang diterima setelah akad murabahah disepakati 
diperlakukan sesuai dengan kesepakatan dalam akad tersebut. Jika akad tidak mengatur maka diskon tersebut menjadi hak penjual.

8) Penjual dapat meminta pembeli menyediakan agunan atas piutang murabahah, antara lain 
dalam bentuk barang yang telah dibeli dari penjual.

9) Penjual dapat meminta uang muka kepada pembeli sebagai bukti komitmen pembelian sebelum akad disepakati. Uang muka menjadi bagian pelunasan piutang murabahah jika akad murabahah disepakati. Jika akad murabahah batal, uang muka dikembalikan kepada pembeli setelah dikurangi dengan kerugian sesuai dengan kesepakatan. Jika uang muka itu lebih kecil dari kerugian maka penjual dapat meminta tambahan dari pembeli.

10) Jika pembeli tidak dapat menyelesaikan piutang murabahah sesuai dengan yang diperjanjikan, penjual berhak mengenakan denda kecuali jika dapat dibuktikan bahwa pembeli tidak atau belum mampu melunasi disebabkan oleh force majeur. Denda tersebut didasarkan pada pendekatan ta’zir, yaitu untuk membuat pembeli lebih disiplin terhadap kewajibannya. Besarnya denda sesuai dengan yang diperjanjikan dalam akad dan dana yang berasal dari denda diperuntukkan sebagai dana kebajikan.

11) Penjual boleh memberikan potongan pada saat pelunasan piutang murabahah jika pembeli:
a) melakukan pelunasan pembayaran tepat waktu; atau
b) melakukan pelunasan pembayaran lebih cepat dari waktu yang telah disepakati.

12) Penjual boleh memberikan potongan dari total piutang murabahah yang belum dilunasi jika pembeli:
a) melakukan pembayaran cicilan tepat waktu; dan atau
b) mengalami penurunan kemampuan pembayaran.

Manajemen Audit

Soal diskusi 4:
Berikan pendapat Anda atas pentingnya fungsi pemasaran dan pentingnya audit manajemen untuk fungsi pemasaran.
-Keep spirit-

Jawaban
Fungsi yang mengelola manajemen pemasaran pada perusahaan adalah fungsi pemasaran. Fungsi pemasaran pada sebagian besar perusahaan mempunyai peranan yang sangat penting.
Fungsi pemasaran sering dipandang secara sempit karena dianggap hanya mencakup aktivitas penjualan, padahal sebenarnya fungsi pemasaran meliputi aktivitas yang lebih luas.
Fungsi pemasaran pada sebagian besar perusahaan mempunyai peranan yang sangat penting. Jika perusahaan ingin terus bertahan dan berhasil mencapai sasarannya maka perusahaan tidak dapat mengabaikan pentingnya peninjauan secara berkala atas fungsi pemasaran dengan melakukan audit manajemen fungsi pemasaran.
Audit manajemen fungsi pemasaran sangat penting karena lingkungan yang dihadapi perusahaan terus dan cepat mengalami perubahan. Perubahan itu akan mempengaruhi kemampuan perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasionalnya.
Audit manajemen fungsi pemasaran bertujuan untuk memastikan bahwa fungsi pemasaran telah menjalankan fungsinya dengan baik, efektif, dan efisien serta memberikan dukungan yang maksimal terhadap pencapaian tujuan perusahaan yang memungkinkan terwujudnya peningkatan efektivitas, efisiensi, dan ekonomisasi perusahaan.

Bisnis Internasional

Soal
Perbedaan sistem ekonomi, politik, hukum dan keberagaman budaya di tiap negara menjadi pertimbangan bagi pelaku Bisnis Internasional untuk meluaskan jejaring usaha mereka. Dalam melakukan Analisa untuk ekspansi mereka mempertimbangakan biaya dan resiko yang akan dihadapi. Jelaskan implikasi perbedaan sistem tersebut terhadap bisnis internasional.

Jawaban 

Semua perbedaan-perbedaan tersebut mempunyai implikasi terhadap pelaksanaan bisnis internasional karena akan berpengaruh terhadap benefit, cost, dan risiko. Setiap perusahaan yang ingin mencoba memasuki pasar baru seharusnya mempelajari pengetahuan dasar dari negara tersebut. Contohnya, mempelajari struktur politik dan ekonominya agar dapat mengendalikan risiko politik perusahaan
Selain itu, sebuah perusahaan domestik haruslah mengikuti hukum dan budaya pada negaranya. Bisnis internasional menghadapi tugas yang sangat kompleks tempat perusahaan harus mematuhi peraturan hukum yang berlaku tidak hanya di negaranya, tetapi juga di negara lainnya. Hukum di negara-negara tersebut dapat memengaruhi perusahaan-perusahaan dalam memproduksi barang-barangnya.

A.     Sistem Politik
Satu bagian penting dalam setiap keputusan bisnis adalah memasuki lingkungan politik suatu negara tempat perusahaan tersebut beroperasi. Peraturan dan perundang-undangan suatu negara dapat memengaruhi jalannya operasi perusahaan tersebut. Sebagai contohnya peraturan minimum gaji memengaruhi harga yang harus dibayar perusahaan untuk tenaga kerja. Peraturan perlindungan terhadap lingkungan akan memengaruhi sistem produksi operasi perusahaan. Perubahan dalam peraturan perpajakan dapat secara perlahan mematikan usaha perusahaan. Perang saudara, pembunuhan, atau penculikan pelaku bisnis asing akan dapat mengganggu kelancaran operasi perusahaan tersebut.

Risiko politik yang dapat saja terjadi setiap saat dandapat memengaruhi kinerja perusahaan tersebut.
Risiko-risiko politik tersebut dapat dibagi menjadi tiga.

1.      Risiko kepemilikan tempat perusahaan dapat diambil alih oleh pemerintah negara tersebut.
2.      Risiko operasi yang dalamoperasinya terdapat halangan-halangan seperti dalam tenaga kerja, peraturan-peraturan, pajak, teroris, dan kebijakan lingkungan.

3.      Risiko pengalihan ketika pemerintah ikut campur dalam mengatur dana yang masuk dan dana yang keluar negaranya.


B.      Sitem Ekonomi
Ada tiga bentuk sistem ekonomi yang sudah umum dikenal, yaitu system ekonomi pasar, sistem ekonomi komando, dan sistem ekonomi campuran (Rusdin, 2002)
a.      Sistem ekonomi pasar
Sistem ini sangat menguntungkan konsumen karena akan lebih efisien dalam mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya
b.      Sistem ekonomi komando
sistem ini berjalan tidak efisien dan membatasi inovasi produk sehingga terdapat stagnasi ekonomi.
c.       Sistem ekonomi campuran
Sistem ekonomi ini banyak dijumpai di negara-negara Eropa Barat. Di negara-negara tersebut, pemerintah ikut campur tangan dalam beberapa sektor tertentu yang dianggap vital

Kurangnya kebebasan ekonomi dan insentif untuk inovasi merupakan salah satu faktor utama penyebab terjadinya stagnasi suatu perekonomian. Kemajuan ekonomi dan demokrasi juga menjadi faktr penting untuk dipertimbangkan, negara-negara dengan pemerintahan yang demokratis biasanya mempunyai pertumbuhan ekonomi yang cepat.

C.      Hukum
Peraturan-peraturan ini menentukan pasar. Di pasar tersebut. perusahaan dapat ambil bagian, harga ditetapkan, serta ada biaya keperluan, seperti tenaga kerja, bahan baku, dan teknologi. Peraturan hukum juga dapat memengaruhi lokasi aktivitas ekonomi. Sebagai contoh, perusahaan jasa internet telah memilih memusatkan operasi mereka di luar Cina karena peraturan yang dibuat oleh pemerintah tersebut.

D.     Keberagaman Budaya
Faktor-faktor budaya ini dapat membantu perusahaan-perusahaan mencapai keunggulan kompetitif. Bangsa atau perusahaan yang warga negaranya atau anggotanya memiliki kompetisi budaya tinggi dalam kesamaan segala hal akan memperoleh keuntungan dalam persaingan ini. Tuntutan dari gerakan yang terus mengarah ke pasar global dan perdagangan lintas perbatasan yang semakin berkembang menyebabkan terbentuknya berbagai kemajuan teknologi yang mengagumkan di bidang komunikasi dan transportasi sehingga kebudayaan-kebudayaan dunia semakin berinteraksi satu sama lain.
Jelas, adanya hubungan nyata antarbudaya dengan biaya-biaya yang ditimbulkan dalam praktik bisnis pada suatu bangsa/Negara.

Manajemen Resiko dan Asuransi
Soal
Asuransi mempunyai manfaat yang besar untuk manajemen risiko, namun tidak semua risiko layak diasuransikan. Mengapa demikian, berikan contohnya
Jawaban
Tidak semua resiko layak diasuransikan karena
1.      Kemungkinan kerugian di masa depan tidak dapat diperkirakan dan dihitung. Ini memegang prospek keuntungan serta kerugian. Risiko tidak dapat diramalkan dan diukur. (Semua risiko yang melibatkan bencana alam, dll)
2.      Risiko tersebut tidak bersifat homogen atau tidak ada dalam jumlah yang cukup banyak Contoh: Lukisan asli Monalisa, sulit diasuransikan karena jumlahnya hanya 1 (satu) sehingga padanan untuk menjadi tolok ukur nilai/harganya tidak ada.
3.      Bentuk risikonya bukan Risiko Mumi (Pure Risk).
4.      Bukan merupakan risiko khusus atau Particular.
5.      Kerugian atau kerusakan yang diakibatkannya terjadi dari suatu peristiwa yang bukan bersifat kebetulan (Fortuitous).
6.      Risikonya adalah suatu hal yang bertentangan dengan kebijaksanaan umum atau kebijaksanaan Pemerintah (Not Against Public Policy). Misal : Risiko terkena denda tilang karena melanggar peraturan lalu lintas, tidak dapat diasuransikan.
7.      Obyek risiko dan dampak kerugian yang mungkin timbul, tidak dapat diukur atau dinilai dengan uang (Financial Value).
8.      Mereka yang akan mengalihkan risiko tersebut kepada perusahaan asuransi atau akan mengasuransikan, tidak mempunyai Insurable Interest atau kepentingan yang melekat pada obyek pertanggungan asuransi atau obyek risiko yang sah dilindungi hukum.
9.      Atas pengalihan risiko tersebut tidak dapat ditetapkan jumlah premi asuransi yang wajar (Reasonable Premium).
10.  Untuk hal-hal yang dampak keuangannya masih sanggup kita tanggung, kita tidak memerlukan asuransi.
11.  Untuk hal-hal yang bukan musibah, jelas bukan merupakan ranah asuransi
Misalnya untuk perawatan gigi, persalinan / melahirkan, pendidikan anak
Berbicara pendidikan anak, dana pendidikan harus dipersiapkan, tapi sebaiknya bukan lewat asuransi
1.      Bersekolah bukan musibah
2.      Waktunya dapat diperkirakan dan direncanakan, tidak terjadi secara tiba-tiba, jadi setiap orangtua akan memiliki waktu untuk mempersiapkannya.
3.      Dana pendidikan bisa sangat besar. Hampir tidak ada asuransi yang sanggup menanggung semuanya, kecuali preminya juga besar sekali.
4.      Persiapan biaya pendidikan bukan ranah asuransi, tapi investasi.

12.  Untuk hal-hal yang waktunya dapat diketahui, solusinya bukan asuransi

Manajemen Strategik
Soal
Saudara mahasiswa, silahkan diskusikan topik berikut ini...!
Jelaskan tujuan digunakannya matriks SWOT empat Kuadran

Jawaban
Pada mulanya matriks SWOT-4K didesain untuk membantu menemukan strategi pada tingkat korporat, yakni perusahaan yang memiliki lebih dari unit usaha strategis. Dalam perkembangannya, matriks tersebut juga digunakan untuk menentukan posisi bisnis dan implikasi strategisnya bagi perusahaan yang hanya memiliki satu unit usaha. Bahkan matriks ini juga digunakan untuk menentukan posisi dan strategi produk atau kombinasi produk.

Share:

No comments:

Post a comment