EKMA4570/Penganggaran (Universitas Terbuka)

 Bismillah semoga bermanfaat, sebelum melihat soal dan jawabannya mari kita doakan penulis dan pemilik blog ini agar senantiasa istiqomah dalam kebaikan dan keislaman hingga akhir hayat, serta dapat bermanfaat bagi orang banyak hingga akhir hayat aamiin

Soal

  1. Balanced scorecard dapat membantu perencanaan stratejik perusahaan dengan beberapa perspektif. Apa yang Anda ketahui mengenai perspektif dalam balance scorecard? Berikan contohnya.

  2. Anggaran dalam suatu perusahaan berfungsi untuk menyelaraskan fungsi perencanaan dan pengendalian. Coba Anda jelaskan dan berikan contoh mengenai langkah-langkah dalam penyusunan anggaran menurut Welsch (1988).

  3. Kita mengenal adanya anggaran biaya statis dan fleksibel dalam suatu perusahaan.

  1. Apa yang Anda ketahui mengenai anggaran statis? Berikan contohnya.

  2. Apa yang Anda ketahui mengenai anggaran fleksibel? Berikan contohnya

Jawaban

  1. Balancescorecardadalahsalahsatusistempengukurankinerja.Terdapat3perspektif non keuangan yang ditawarkan oleh balanced scorecard, yaitu Perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Bisnis, dan Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan. Perspektif ini untuk menilai kinerja non keuangan pusat pertanggung jawaban.

    Contoh indikator pada perspektif tersebut adalah kepuasan konsumen, pangsa pasar, ketersediaan produk, kualitas produk, dan lamanya penyimpanan barang di gudang.

  2. UraianurutanlangkahpenyusunananggaramenurutWelsch(1988)adalahsebagai berikut

    1. Identifikasidanevaluasikondisieksternal
      Trendwatching adalah kegiatan untuk mengidentifikasi dan melakukan evaluasi atas berbagai kondisi eksternal perusahaan. Objek yang diamati adalah perubahan lingkungan bisnis dalam tataran negara dan lingkungan industri untuk mencari ceruk yang mungkin dapat diisi dan mendatangkan keuntungan bagi perusahaan.

    2. Mengembangkantujuangperusahaan
      Tujuan perusahaan pada umumnya adalah mencari laba semaksimal mungkin untuk mensejahterakan pemilik. Untuk mencapai tujuan perusahaan dapat dicapai dengan penetapan dan pelaksanaan strategi.

    3. Mengembangkan sasaran khusus perusahaan
      Jika tujuan umum memberikan arah pengembangan perusahaan secara menyeluruh, maka sasaran khusus mulai berfokus pada hal hal tertentu saja. Dengan adanya sasaran khusus, dimungkinkan penyusunan anggaran lebih spesifik dan terinci.

    4. Pengembangandanrevaluasistrategi
      Strategi merupakan metode yang akan digunakan perusahaan untuk mencapai tujuannya. Pengembangan strategi dilakukan untuk mencari berbagai alternatif yang mungkin dapat digunakan untuk mencapai tujuan dan dengan pengorbanan sumber daya yang minimal.

  1. Perintah dari manajemen puncak untuk menyusun rencana
    Perintah yang dikeluarkan oleh manajemen puncak perusahaan untuk membuat perencanaan kepada manajer di bawahnya akan meningkatkan partisipasi manager menengah ke bawah dalam perencanaan laba dan strategi periode selanjutnya.

  2. Persiapan dan penilaian perencanaan proyek
    Anggaran yang komprehensif mencakup rangkaian metode yang sistematis dan terpadu untuk menyusun perencanaan kegiatan, perencanaan taktis, dan strategis.

  3. Pengembangandanrencanalaba
    Para manager masing masing pusat pertanggung jawaban dapat mulai berbagai aktivitas untuk mengembangkan rencana laba jangka pendek dan jangka panjang.

  4. Penerapanrencanalaba
    Pelaksanaan rencana managemen yang telah melalui proses persetujuan oleh manmagemen melibatkan seluruh fungsi managemen, mulai dari pengarahan hingga pengawasannya komunikasi yang baik dari pihak managemen diperlukan agar seluruh rencana yang dibuat dapat dipahami dengan baik dan dilaksanakan oleh seluruh elemen terkait.

  5. Pemanfaatan laporan kinerja
    Tahapan selanjutnya setelah penerapan rencana laba, maka laporan kinerja per periode harus dipersiapkan. Laporan kinerja merupakan produk turunan dari laporan keuangan bulanan.

  6. Penggunaan anggaran biaya variabel
    Anggaran fleksibel hanya dapat digunakan dalam kelompok biaya. Anggaran biaya variabel bersifat tambahan untuk melengkapi perencanaan laba. Anggaran biaya ini memberikan informasi yang sebenarnya tentang biaya yang dapat dimanfaatkan dalam perhitungan jumlah anggaran untuk berbagai macam tingkat produksi atau tingkat aktivitas.

  7. Implementasi tindakan
    Hal penting dari rangkaian pengendalian adalah menerapkan rencana untuk mengimplementasikan tindakan. Implementasi tindakan menjadi penting karena merupakan turunan dari strategi dan target yang ingin dicapai oleh perusahaan. Implementasi tindakan didasari oleh kinerja periode lalu dan rencana penilaian kinerja di masa depan untuk seluruh pihak yang bertanggung jawab pada pengelolaan perusahaan.

3. A.
tertentu. Ini adalah kebalikan dari anggaran fleksibel. Jenis anggaran seperti ini ditetapkan jumlahnya berdasarkan kapasitas tertentu.
Contoh: J.C. Plumbers, Co. adalah bisnis pipa ledeng dan perbaikan. Perusahaan beroperasi dari gudang besar dan gedung kantor tempat menyimpan persediaan,

Anggaran statis adalah anggaran biaya yang didasarkan pada kapasitas kegiatan

peralatan, dan inventarisnya. J.C. Plumbers menggunakan static budget untuk memproyeksikan pengeluarannya selama periode anggaran 30 hari, dan nilai tetap dalam anggaran statis adalah:

  •   Sewa gudang dan kantor: $6,500

  •   Utilitas dan pembuangan limbah: $1,500

  •   Gaji karyawan: $18,000

    Jadi anggaran statis 30 hari perusahaan adalah $26.000. J.C. Plumbers menggunakan anggaran statis sebagai pengganti anggaran operasional karena bisnis mengharapkan untuk menutupi nilai pengeluaran ini secara teratur. Penjualan, pekerjaan perbaikan, pekerjaan konstruksi atau penjualan jasa lainnya tidak digunakan untuk menentukan nilai dalam static budget perusahaan. Selain itu, manajer keuangan perusahaan dapat menggunakan anggaran statis secara independen dari metode penganggaran lainnya.

    b. anggaran fleksibel adalah anggaran biaya yang didasarkan pada berbagai volume kegiatan.
    Contoh: Suatu produksi memiliki rencana dengan jumlah 10.000 unit, dengan biaya variabel sebesar Rp7.000,- dan biaya tetap sebesar Rp17.000.000,-.

    Maka perhitungan besaran anggaran fleksibelnya = (Rp7.000 x 10.000) + Rp17.000.000. Sehingga hasilnya adalah Rp 87.000.000,-

    Sumber: https://kamus.tokopedia.com/a/anggaran-fleksible/ https://accurate.id/akuntansi/anggaran-statis/

Soal

1. Buatlah contoh kasus bagaimana menghitung analisis regresi linear.
2. Buatlah contoh kasus bagaimana menghitung anggaran fleksibel pada 2 jumlah produksi yang berbeda.
3. Terdapat beberapa konsep laba terkait dengan motivasi manajer pusat laba.

a. CobaAndajelaskanmengenaikonsep-konseplabaterkaitdenganmotivasimanajer pusat laba.

b. Buatlah contoh kasus dari konsep laba.

Jawaban

1. Rumus analisis regresi linear adalah sebagai berikut:

Andaikan manager bagian administrasi dan umum merencanakan kantor akan buka setahun ke depan selama 252 jam, maka anggaran biaya listriknya setahun adalah Rp3.262.450.78 seperti perhitungan berikut

Biaya listrik variabel 252 jam @ Rp10.224.85 Rp2.576.662.20 Biaya listrik tetap setahun.............................. Rp685.788.58

Rp3.262.450.78

2. Contohanggaranfleksibel

Berdasar pada biaya produksi penuh standar per unit di atas, disusunlah anggaran fleksibel. Anggaran fleksibel adalah anggaran biaya (produksi) pada berbagai kapasitas produksi, seperti 45.500 unit dan 46.200 unit. Berikut adalah tabel contoh anggarak fleksibel pada 2 jumlah produksi yang berbeda.

3. A.Konseplabaterkaitdenganmotivasimanagerpusatadalahsebagaiberikut:

  •   Laba kontribusi

    Margin kontribusi adalah pendapatan dikurangi biaya variabel. Biaya variabel adalah biaya yang besar kecilnya berubah secara proporsional dengan aktivitas atau volume penjualan.

  •   Laba langsung adalah margin kontribusi dikurangi biaya tetap yang secara langsung terjadi di pusat laba.

  •   Laba terkendali merupakan laba langsung pusat laba dikurangi beban beban perusahaan yang dapat dikendalikan oleh maanger pusat laba.

  •   Laba sebelum pajak
    Laba sebelum pajak adalah laba terkendali dikurangi biaya korporat alokasian

dari kantor pusat.

Laba bersih
Laba bersih adalah laba sebelum pajak dikurangi pajak atas laba. Jika penjumlahan laba bersih seluruh pusat laba adalah positif, maka perusahaan pasti laba bersihnya positif.

b. contoh kasus dari konsep laba adalah: 

Share:

No comments:

Post a Comment