Universitas Terbuka EKMA4569/Perencanaan Pemasaran

Bismillah semoga bermanfaat, sebelum melihat soal dan jawabannya mari kita doakan penulis dan pemilik blog ini agar senantiasa istiqomah dalam kebaikan dan keislaman hingga akhir hayat, serta dapat bermanfaat bagi orang banyak hingga akhir hayat aamiin 


  1. A. Strategi pemasaran yang dapat diterapkan dari empat kategori matriks ansoff adalah:

    •   Penetrasi pasar baru terjadi dari masuk pasar/entry, ceruk, dimensi, dan posisi.

    •   Ekspansi pangsar pasar terdiri dari diferensiasi produk versus segmentasi pasar,

      ekspansi terbatas versus ekspansi umum dan reposisi.

    •   Entrechement terdiri diri konfrontasi langsung dan reposisi.

    •   Menarik produk terdiri dari menarik bertahap, pengurangan risiko, likuidasi, dan

      reposisi.

      b. arah umum perusahaan di masa mendatang dari strategi produk/pasar untuk mencapai tujuan perusahaan melalui matriks Ansoff yaitu:

      Mempertahankan. Strategi produk pasar yang merefleksikan keinginan untuk mempertahankan posisi kompetitif yang dimiliki .

      Meningkatkan. Jenis produk/pasar yang bertujuan untuk meningkatkan posisi kompetitif dalam pasar yang dipandang

      Menarik secara bertahap. Jenis produk pasar yang merefleksikan keinginan untuk melepaskan posisi kompetitif demi keuntungan jangka pendek, kecuali jika terdapat alasan yang kuat untuk tidak melakukan hal tersebut.

      Keluar. disebut juga tipe produk pasar tanda tanya. Merefleksikan keinginan untuk mendivestasikan usaha karena posisi yang sangat tidak kompetitif dan karena alasan biaya yang apabila dipertahankan menjadi besar risikonya.

      Masuk. Berhubungan dengan area bisnis baru.

  2. A. Implikasi daur hidup produk terhadap semua bauran pemasaran. Produk harus berubah sesuai dengan tahapan yang sedang dijalani dalam daur hidup. Tidak hanya produk, semua unsur dalam bauran pemasaran pun harus berubah. Contohnya suatu produk berada pada tahapan kedewasaan. Pada tahapan ini, perusahaan tidak boleh mempertahankan kebijakan harga premium. Dalam kondisi ini pasar telah dipenuhi oleh kompetitor dan terjadi perang harga. Sering kali pada tahapan kedewasaan perusahaan memperoleh pendapatan yang amat menguntungkan. Karenanya untuk mempertahankan pangsar pasar, perusahaan anda harus menurunkan harga.

    b. contohnya adalah produk berupa aplikasi untuk jual beli online, setelah promosi atas aplikasi tersebut dilakukan dengan baik, akhirnya produk tersebut viral dan berhasil mendapat jutaan pengguna baru dalam waktu singkat.

  3. Jika karakteristik pasar yang punya tingkat kesadaran produk tinggi, peka terhadap fitur produk/pengguna inovatif, dan kondisi permintaan yang elastis terhadap harga, maka strategi yang cocok adalah strategi penetrasi.

  4. Pemasaran langsung memiliki karakteristik tertentu, yaitu:

    •   Nonpublik: pesan umumnya disampaikan kepada orang tertentu

    •   Disesuaikan: pesan disesuaikan untuk menimbulkan ketertarikan orang tertentu

    •   Terbaru: pesan disiapkan dengan sangat cepat untuk disampaikan pada orang

tertentu.
Interaktif: pesan dapat diubah tergantung pada respons si penerima.

Saya setuju dengan pernyataan tersebut, apalagi dengan kondisi pandemi covid seperti ini karena virus covid bisa menyebar melalui kontak fisik. Dengan menggunakan bentuk komunikasi pemasaran langsung membuat penjual dan pembeli terhindar dari kontak fisik, serta pembeli tidak perlu mengunjungi penjual untuk membeli barang yang diinginkan.

Share:

No comments:

Post a Comment