Kriteria Pasar Saham Yang Efisien


Assalamualaikum , berikut adalah materi terkait Teori  portofolio dan analisi investasi bab efisiensi pasar dan analsiis teknis, khususnya mengenai seperti apakah pasar yang efisien itu. Semoga bermanfaat.


Pasar saham dapat dikatakan efisien apabila pasar tersebut memenuhi  3 kriteria dibawah ini,
1.       Pasar efisien secara operasional
Pasar efisien secara operasional adalah pasar yang mempunyai transaksi yang likuid untuk saham-saham dan biaya yang berlaku sangat murah. Secara sederhana pasar ini menyatakan bahwa pasar tersebut beroperasi secara efisien. Investor ingin melakukan transaksi dengan mudah dan cepat berhasil mendapatkan saham yang diinginkan sesuai dengan harga yang wajar. Investor juga dapat menjual saham tersebut dengan secepatnya. Hal ini dapat terjadi dengan kebijakan dan peraturan yang dilakukan oleh pengelola bursa.Pengelola bursa harus membuat peraturan yang sedemikian rupa sehingga investor bisa bertransaksi dengan mudah dan murah.

2.       Pasar yang efisien berdasarkan nilai informasi (Fama, 1970)
Sebuah pasar yang efisien dikatakan efisien bila informasi yang tersedia terefleksi pada harga saham. Bila informasi yang tersedia tidak terefleksi pada harga saham maka pasar tersebut tidak dapat dikatakan efisien.

Fama (1970) mengemukakan pasar efisien dibagi kedalam tiga kelompok besar yaitu pasar efisien yang bentuk lemah, pasar efisien bentuk yang setengah kuat, dan pasar efisien sangat kuat.
1.       Efisiensi bentuk lemah. Tidak satu satu pun investor akan mendapatkan tingkat pengembalian yang abnormal melalui transaksi yang dikembangkannya didasarkan pada harga dan volume transaksi atau informasi di masa lalu. Artinya informasi masa lalu tidak berguna atau relevan untuk mendapatkan tingkat pengembalian abnormal.
2.       Efisiensi bentuk semi kuat. Tidak satu satu pun investor akan mendapatkan tingkat pengembalian yang abnormal melaui setiap informasi publik yang tersedia. Misalnya, laba bersih per saham, dividen , dan tindakan-tindakan perusahaan.
3.       Efisiensi bentuk kuat. Tidak satu pun investor akan mendapatkan tingkat pengembalian yang abnormal dengan menggunakan informasi publik maupun informasi dari orang dalam.

3.       Pasar efisien yang tercapai berdasarkan keputusan (Hartono,2001)
Dinyatakan bahwa ada dua faktor yang menyebabkan pasar efisien berdasarkan keputusan yaitu informasi yang tersedia dan kecanggihan pelaku pasar. Pasar efisien secara keputusan memberikan karateristik investor yang smart, informasi yang tersedia, dan berjalannya penegakan hukum, serta adanya keteraturan di pasar tersebut.

Sebagai tambahan informasi bahwa ada beberapa hal yang mempengaruhi pasar menjadi tidak efisien, dalam artian hal-hal ini harus dihindari agar pasar saham menjadi efisien, yaitu
1.       Adanya perbedaan preferensi risiko dari investor di bursa tersebut
2.       Lemahnya regulasi pasar dan
3.       Keterbukaan yang baku tidak terlihat dari perusahaan
4.       Sistem komunikasi yang lemah
5.       Masih sedikitnya masyarakat yang mengetahui cara menganalisis saham dan menginterpretasikan informasi yang dipublikasikan
6.       Kepmilikan saham dari perusahaan masih dimilki keluarga sehingga manajemen perusahaan masih manajemen keluarga sehingga informasi perusahaan bisa tercecer lebih dahulu kepada keluarga yang berakibat keluarga dapat memperoleh keuntungan yang tidak normal.

Terimakasih

Share:

No comments:

Post a comment