Teori Akuntansi Pengukuran Aset dan Pengakuan beban dan Kerugian



Assalamualaikum as always ini dia sedikit penjelasan mengenai teori akuntansi terutama tentang aset, laba, beban dan kerugian dll. Sebelum membaca lebih lanjut jangan lupa tonton video yang ada di link dibawah gambar aku ini, it means a lot for me , thank you.

TONTON VIDEO INI YUK https://www.youtube.com/watch?v=jRcyS0dRNds


Viola ini dia gengs soal dan jawabannya


1.    Jelaskan dan bandingkan pengertian aset menurut FASB, IASC, dan IAI!
Menurut FASB
Aset didefinisikan dalam rerangka konseptualnya (SFAC No. 6, prg. 25) adalah sebagai manfaat ekonomik masa datang yang cukup pasti yang diperoleh atau dikuasai/dikendalikan oleh suatu entitas sebagai akibat transaksi atau kejadian masa lalu.
Menurut IASC
Aset didefinisikan sebagai suatu sumber daya yang dikendalikan oleh perusahaan sebagai hasil kejadian masa lalu yang mana manfaat ekonomis masa depan diharapakan didapatkan oleh perusahaan.
Menurut IAI
Pengertian aset adalah sumber daya yang dikuasi oleh perusahaan sebagai akibat dari kejadian yang terjadi pada masa lalu dan mendatangkan manfaat ekonomis di masa depan bagi perusahaan.
2.    PT XYZ memiliki kekayakan bersih Rp 100 juta pada 2 Januari 2011 dan pada 31 Desember 2012 menjadi Rp 155 juta. Untuk mempertahankan kapasitas produksi fisik perusahaan diperlukan biaya Rp 135 juta dengan tingkat harga umum naik 15% selama periode tersebut. Tentukan besarnya money maintenance, GPP- money maintenance, productivity capacity maintenance, dan GPP- productivity capacity maintenance!
Berikut cara menghitung  money maintenance, GPP- money maintenance, productivity capacity maintenance, dan GPP- productivity capacity maintenance
Money maintenance
2 Januari 2011 100 juta
31 Desember 2012 155 juta
Laba 55 juta
GPP- money maintenance
31 Desember 2012 155 juta
2 Januari 2011 100 juta
Penyesuaian GPL  15 juta +
15% * 100 Juta
Laba 40 juta
productivity capacity maintenance
31 Desember 2012                                       155 juta
(Biaya yang diperlukan untuk                        (135 juta)
mempertahankan
kapasitas produksi perusahaan)

Laba 20 juta
     
GPP- productivity capacity maintenance
31 Desember 2012                                       155 juta
(Biaya yang diperlukan untuk                        135 juta
mempertahankan
kapasitas produksi perusahaan)
Penyesuaian GPL                                           (20,25 juta )+
15% * 135 Juta

Laba (250.000)

3.    Apa yang dimaksud dengan laba komprehensif? Jelaskan dan berikan contoh!
FASB dalam SFAC No. 3 dan 6 menyebutkan bahwa yang dimaksud dengan laba komprehensif adalah total perubahan aktiva bersih (ekuitas) perusahaan selama satu periode, yang berasal dari semua transaksi dan kegiatan lain dari sumber selain sumber yang berasal dari pemilik. Atau dengan kata lain, laba komprehensif terdiri atas seluruh perubahan aktiva bersih yang berasal dari transaksi operasi.
4.    Pendapatan baru dapat diakui jika memenuhi kriteria terealisasi atau cukup terealisasi. Apa maksud dari kriteria tersebut? Jelaskan dan berikan contoh!
Pendapatan dikatakan terealisasi bilamana produk telah terjual atau ditukarkan dengan kas atau klaim atas kas.

Dan dikatakan cukup pasti terealisasi bilamana aset berkaitan yang diterima atau ditahan mudah dikonversi menjadi kas atau klaim atas kas yang cukup pasti jumlahnya. Aset dikatakan mudahdikonversi bila mempunyai :
a.Harga satuan yg tetap dan tidak bergantung bentuk dan penyajian barang interchangeable/fungible units
b.Daftar harga barang tersedia di suatu pasar aktif yg mampu menyerap seluruh kuantitas barangatau aset yang tersedia di perusahaan tanpa mempengaruhi harga pasar secara cukup berarti.Contoh :Penjualan secara orderan

5.  Jika terjadi peristiwa kebakaran yang berdampak pada rusaknya bangunan yang dimiliki sebuah perusahaan, maka peristiwa tersebut harus diakui sebagai beban atau kerugian? Jelaskan jawaban Anda!
Peristiwa kebakaran yang berdampak pada rusaknya bangunan yang dimilki sebuah perusahaan adalah sebuah kerugian bukan beban karena menurut FASB , beban adalah sesuatu yang berhubungan dengan operasi utama perusahaan sedangkan kerugian berasal dari kejadian yang insidental bagi operasi perusahaan, kebakaran disini termasuk kejadian insidental. Maka jelas bahwa peristiwa kebakaran yang berdampak pada rusaknya bangunan yang dimilki sebuah perusahaan adalah sebuah kerugian.

Share:

No comments:

Post a Comment