Strategi Rantai Pasokan Untuk Industri Tekstil


Strategi Rantai Pasokan

Strategi rantai pasokan dibagi menjadi enam yaitu

1.       Menggunakan banyak pemasok
Strategi rantai pasokan menggunakan banyak pemasok untuk menanggapi permintaan dan spesifikasi dengan pesanan pada penawaran yang rendah. Strategi ini lebih tepat bagi perusahaan dengan produk komoditas.

2.        Menggunakan sedikit pemasok
Strategi dengan menggunakan sedikit pemasok menunjukkan pencarian atribut, seperti biaya rendah. Pembeli lebih baik membentuk hubungan jangka panjang dengan beberapa pemasok khusus. Kelemahan strategi ini adalah biaya untuk berganti pemasok menjadi besar sehingga baik pembeli maupun pemasok saling mempertahankanhubungan tersebut.Kinerja pemasok yang buruk hanya akan merupakan satu risiko yang ditemui oleh pembeli.

3.       Integrasi Vertikal
Ada dua jenis integrasi vertikal, yaitu backward integration dan foreward integration.Backward integration menyatakan bahwa perusahaan membeli pemasoknya, seperti Ford Motor yang membuat radio mobilnya.  Sebaliknya, forward integration menyatakan bahwa perusahaan komponen juga menghasilkan produk akhir, seperti Texas Instruments yang menghasilkan circuits dan juga membuat kalkulator.

4.       Kerja Sama (Joint ventures)
Melakukan kerja sama yang lebih formal dengan joint venture. Kerja sama tersebut bertujuan untuk perkembangan produk baru dan keahlian teknologi, pengurangan biaya, serta meningkatkan keamanan pasokan.

5.       Jaringan Kerja Keiretsu (Strategi perusaahan manufaktur di Jepang)
Perusahaan manufaktur memberikan dukungan dalam keuangan melalui kepemilikan. Anggota keoretsu menjamin hubungan jangka panjang dan diharapkan dapat berkolaborasi sebagai miotra. Memberikan keahlian teknis, dan memberikan bahan baku atau komponen yang berkualitas kepada perusahaan manufaktur yang berkolaborasi dengannya.

6.       Perusahaan Maya
Perusahaan maya ini menghilangkan batasan yang menyebabkan terciptanya keunikan untuk memenuhi permintaan pelanggan. Hubungan dengan berabagai pemasok bisa dalam jangka pendek ataupun jangka panjang. Keunggulan perusahaan maya adalah keahlian manajemen,investasi modal yang rendah, fleksibilitas, dan lebih cepat.

Industri tekstil  adalah industri yang mengolah serat menjadi benang kemudian menjadi busana, baik itu busana muslim atau lainya, kemudian dijual ke konsumen atau reseller. 
Dari penjelasan diatas yang paling cocok adalah strategi menggunakan sedikit pemasok, dan mengembangkan perusahaan maya yang menggunakan pemasok sesuai kebutuhan. Mengapa ? Karena dengan menggunakan sedikit pemasok dengan kontrak yang panjang dan dengan komitmen yang tinggi pada pembeli, keinginan berpartisipasi dalam sistem just in time dan penyediaan inovasi dalam desain dan keahlian teknologi meningkat, akan membuat perusahaan menjadi lebih hemat biaya untuk memproduksi tekstil (barang jadi). Selain itu strategi perusahaan maya juga  sangat cocok digunakan terutama dijaman sekarang yang sudah serba online, Karena perusahaan maya ini menghilangkan batasan yang menyebabkan terciptanya keunikan untuk memenuhi permintaan pelanggan.

Terimakasih. Semoga bermanfaat

Share:

3 comments:

  1. sangat bermanfaat untuk tugas.thanks berat😂😂

    ReplyDelete
  2. Sangat bermanfaat untuk buat tugas . terima kasih :D jangan lupa berkunjung ke www.dewaagungwisnu.com ya :) terima kasih

    ReplyDelete